Kami siap menghantarkan adik-adik camaba masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Sekolah Kedinasan pilihan mu.

Soal dan Pembahasan Bahasa Indonesia SBMPTN 2016 (Kode 320)


Bimbel WIN: 

Belajar dari bentuk soal yang sudah pernah ditanyakan membuat persiapan menghadapi ujian yang  sebenarnya akan menjadi lebih terarah, lebih fokus dan lebih efektif. 

Bentuk soal yang akan diujikan dari tahun ke tahun pada umumnya materinya sama. Pada pelajaran yang menitikberatkan pada hafalan soanya bisa sangat mirip bahkan ada yang persis sama. Sedangkan pada soal hitungan, rumus  dan analisanya pada umunya sama. 

Oleh karena itu, kami menyarankan bagiadik-adik calon mahasiswa baru (camaba) tahun ini, kuasailah minimal 10 tahun terakhir soal ujian yang sudah pernah keluar.

Pada kesempatan ini, bimbel WIN berbagi soal asli Bahasa Indonesia SBMPTN tahun 2016 kode 320 lengkap dengan pembahasannya yang mudah untuk dimengerti. Di akhir pembahasan, kami juga mengajak adik-adik camaba untuk tetap berlatih pada soal online yang sudah kami siapkan, Ayouk teruslah berlatih...!!! Semoga tahun ini kalian semuanya yang belajar disini bisa lolos di pilihan pertama kalian, Amiiin...  🙏🙏          


- BAHASA INDONESIA -

                                  


Teks digunakan untuk menjawab soal nomor 61 sampai dengan 65 
 
Teks 1 

        (1) Baju daerah Melayu Kepulauan Riau yang indah, merupakan salah satu produk budaya Indonesia. (2) Keindahannya didukung oleh warna dan modelnya yang khas. (3) Bagi orang Melayu, pakaian selain berfungsi sebagai penutup aurat dan pelindung tubuh dari panas dan dingin, berfungsi sebgai wadah untuk melukiskan lambang-lambang bermakna. (4) Lambang-lambang itu mewujudkan nilai-nilai luhur yang dijunjung tiggi oleh masyarakatnya. 
        (5) Dengan disertainya lambang-lambang budaya pada pakaian, peran pakaian menjadi sangat penting dalam kehidupan orang Melayu. (6) Keutamaan adat mengatur bentuk, corak ( motif ), warnacara pakai dan penggunaan pakaian. (7) Ketentuan adat itu diberlakukan untuk mendidik dan meningkatkan akhlak yang memakainya. (8) Sementara itu, pakaian Melayu dari ujung kaki sampai keujung rambut memiliki makna fungsi. (9) Semuanya dikaitkan dengan norma sosial,agama, dan adat - istiadat sehingga pakaian berkembang dengan dengan beraneka ragam. (10) Makna pakaian Melayu juga dikaitkan dengan fungsinya, yaitu pakaian sebagai penutup malu, pakaian sebagai budi, dan pakaian sebagai penolak bala.
        (Diapatasi dari http://riauinfo.com/makna-dan-lambang-pakaian-melayu/) 

💥 Soal No. 61

Apakah gagasan utama paragraf ke-1 pada teks diatas? 
  • (A) Makna dan fungsi baju Melayu Riau 
  • (B) Keindahan baju Melayu Kepulauan Riau 
  • (C) Baju Melayu sebagai karya seni 
  • (D) Warna dan model baju Melayu 
  • (E) Lambang-lambang pada baju Melayu

Pembahasan: 

Paragraf tersebut tidak menjelaskan mengenai keindahan baju Melayu Kepulauan Riau, sebagai karya seni, warna dan model baju Melayu, serta lambang baju Melayu. 

💦 Kunci Jawaban : A


💥 Soal No.62.

Pada kalimat manakah kesalahan penggunaan koma ditemukan? 
  • (A) 1 
  • (B) 5 
  • (C) 6 
  • (D) 8 
  • (E) 9

Pembahasan: 

Subjek dan predikat tidak boleh dipisahkan dengan tanda baca koma. 

💦 Kunci Jawaban : A


💥 Soal No. 63

Pernyataan manakah yang TIDAK sesuai dengan isi teks? 
  • (A) Baju daerah Melayu Riau merupakan salah satu hasil kebudayaan Indonesia 
  • (B) Pada baju Melayu Kepulauan Riau terdapat lambang-lambang nilai luhur 
  • (C) Fungsi bagi orang Melayu mengusung nilai-nilai luhur 
  • (D) Tidak semua lambang-lambang nilai luhur tergambar baju adatnya 
  • (E) Masyarakat Melayu Riau sangat menjunjung tinggi norma-norma kehidupan.

Pembahasan : 

Tidak ada pernyataan di teks mengenai tidak semua lambang-lambang nilai luhur tergambar pada baju adat. 

💦 Kunci Jawaban : D


💥 Soal No. 64

Apa yang dirujuk kata itu pada kalimat (7) 
  • (A) Nilai-nilai luhur yang berlaku pada masyarakat Melayu 
  • (B) Peraturan penggunaan pakaian pada orang Melaayu
  • (C) Fungsi dan nilai yang ada pada baju adat Melayu 
  • (D) Corak dan Motif yang ada pada baju adat Melayu 
  • (E) Lambang-lambang yang terdapat pada baju adat Melayu.

Pembahasan: 

Kata itu merujuk pada peraturan prnggunaan pakaian pada orang Melayu. Lihat kalimat (7). 

💦 Kunci Jawaban : B


💥 Soal No. 65

Apa kelemahan yang ada didalam paragraf kedua? 
  • (A) Penggunaan kata disertainya pada kalimat (5) 
  • (B) Penggunaan kata sementara pada kalimat (8) 
  • (C) Penggunaan kata diberlakukan pada kalimat (7) 
  • (D) Penggunaan kata semuanya pada kalimat (9) 
  • (E) Penggunaan kata petunjuk pada kalimat (10)

Pembahasan : 

Kata hubung antar kalimat sementara itu tidak tepat karena kalimat (8) bukan kalimat pertentangan dari kalimat (7). Kata hubung yang tepat adalah selain itu. 

💦 Kunci Jawaban : B


Teks 2 digunakan untuk menjawab soal 66 sampai 70 

Teks 2 

        (1) Sebuah studi menunjukan bahwa anak yang dibiasakan mendengarkan cerita sejak dini dan dikenalkan dengan kebiasaan membaca memiliki perkembangan jaringan otak yang lebih awal. (2) Sebaliknya, anak yang tidak dikenalkan dengan kebiasaan membaca memilik perkembangan yang kurang pada jaringan tersebut. (3 ) Anak-anak balita dengan orang tua yang rutin membacakan buku untuk merka mengalami perbedaan perilaku dan prestasi akademik dengan anak-anak dengan orang tua yang cenderung pasif dalam membacakan buku (4) Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal pediatrics menemukan perbedaan yang juga terjadi pada aktivitas otak anak.
        (5) Peneliti mengamati perubahan aktivitas otak anak-anak usia 3 sampai dengan 5 dengan 5 tahun yang mendengarkan orang tua mereka membacakan buku melalui scanner otak yang disebut functional magnetic resonance imaging ( FMRI). 
        (6) Orang tua menjawab pertanyaan tentang berapa banyak mereka membacakan cerita untuk anak-anak serta seberapa sering melakukan komunikasi. (7) Para peneliti melihat bahwa ketika anak sedang mendengarkan orang tua bercerita sejumlah daerah bagian kiri otak menjadi lebih aktif. (8) Ini adalah daerah yang terlibat dalam memahami arti kata,konsep, dan memori. (9) Wilayah otak ini juga menjadi aktif ketika anak-anak berceria atau membaca. (10) Pada studi ini menunjukan bahwa perkembangan daerah ini dimulai pada usia yang angat muda. (11) Yang lebih menarik adalah bagaimana aktivtas diwilayah ini lebih sibuk pada anak-anak yang gemar membaca.(12) Membacakan buku untuk anak membantu pertumbuhan neuron didaerah ini yang akan menguntungkan anak dimasa depan dalam hal kebiasaan membaca. 
( Diadaptasi dari http://health.kompas.com/read/201602/07135500623//membacakan.Buku.Meningkatkan Kinerja. Otak.Balita) 

💥 Soal No. 66 

Apa judul yang tepat untuk Teks 2 tersebut? 
  • (A) Pengenalan Kebiasaan Membaca sejak Dini 
  • (B) Balita dan Kebiasaan Mendengarkan Cerita 
  • (C) Pembiasaan Anak dalam Mendengarkan cerita 
  • (D) Peningkatan Kinerja Otak melalui Membaca 
  • (E) Peran Orang Tua dalam Membacakan Cerita

Pembahasan: 

Pada teks tersebut lebih banyak membahas otak yang mengalami peningkatan kinerja karena membaca dan mendengarkan cerita. 

💦 Kunci Jawaban : D


💥 Soal No. 67 

Kalimat manakah yang TIDAK efektif dalam Teks 2? 
  • (A) 1 dan 2 
  • (B) 2 dan 8 
  • (C) 3 dan 9 
  • (D) 4 dan 10 
  • (E) 5 dan 12

Pembahasan: 

Kalimat (4) : Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics menemukan perbedaan yang juga terjadi pada aktivitas otak anak. Alasan: Kata menurut membuat subjek tidak jelas, seharusnya dihilangkan. Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics : Subjek Menemukan : Predikat perbedaan yang juga terjadi pada aktivitas otak anak : Objek Kalimat (10) : Pada studi ini menunjukkan bahwa perkembangan daerah ini dimulai pada usia yang sangat muda. Alasan: Kata pada membuat subjek tidak jelas, seharusnya dihilangkan. Studi ini: Subjek Menunjukkan: Predikat bahwa perkembangan daerah ini dimulai pada usia yang sangat muda: Objek 

💦 Kunci Jawaban : D


💥 Soal No. 68 
 
Bagaimana hubungan isi antar paragraf dalam teks 2? 
  • (A) Paragraf ke-2 memaparkan simpulan penelitian yang dibahas pada paragraf ke-1. 
  • (B) Paragraf ke-2 mmerinci temuan penelitian yang dipaparkan pada paragraf ke-1. 
  • (C) paragraf ke-2 memaparkan perbedaan perilaku yang dibahas paada paragraf ke-2 
  • (D) paragraf ke-1 memaparkan penelitian terhadap balita yang diuraikan pada paragraf ke-2 
  • (E) Paragraf ke-1 memaparkan hasil penelitian yang diuraikan pada paragraf ke-2

Pembahasan: 

Paragraf (2) merupakan rician dari paragraf (1). 

💦 Kunci Jawaban : B


💥 Soal No. 69 

Apa simpulan teks tersebut? 
  • (A) Anak-anak yang belajar membaca pada usia 3-5 tahun akan mempercepat perkembangan otaknya. 
  • (B) Semakin awal kebiasaan membaca buku diperkenalkan, semakin aktif otak anak bekerja. 
  • (C) Anak-anak yang mulai belajar membaca sejak balita akan menjadi anak-anak yang otak kirinya lebih aktif. 
  • (D) Kebiasaan mendengarkan cerita dan membaca sejak usia balita berdampak positif untuk perkembangan otak. 
  • (E) Kebiasaan membaca dan mendengarkan cerita pada anak

Pembahasan:

Opsi D merupakan simpulan yang tepat karena terdapat inti keseluruhan teks. 

💦 Kunci Jawaban : D


💥 Soal No. 70 

Apa gagasan utama yang tepat untuk paragraf selanjutnya dari teks tersebut? 
  • (A) Tujuan membiasakan anak membaca cerita sejak usia dini 
  • (B) Strategi penerapan hasil penelitian untuk peendidikan anak 
  • (C) Fakto-faktor yang dapat mendorong anak gemar membaca
  • (D) Manfaat kebiasaan membaca dan mendengarkan cerita anak 
  • (E) Kebiasaan memabca dan mendengarkan cerita pada anak.

Pembahasan: 

Gagasan utama yang tepat untuk paragraf selanjutnya adalah pembahasan mengenai faktor pendorong agar anak gemar membaca. Bahasan tersebut menjawab pertanyaan bagaimana. 

💦 Kunci Jawaban : C


Teks 3A dan 3b digunakan untuk menjawab soal nomor 71 sampai dengan 75 

Teks 3A 

        (1) Selain berfungsi untuk melakukan dan menrima panggilan telepon, telepon genggam/telgam umumnya mempunyai fungsi pengiriman dan penerimaan pesan singkat (SMS). (2) Adapula penyedia jasa telepon genggam dibeberapa negara yang menyediakan layanan generasi ketiga(3G) dengan menambahkan jasa videophone, baik sebagai alat pembayaran, maupun untuk televisi on line ditelepon genggam mereka. (3) Sekarang telepon genggam menjadi gadget yang multifungsi.(4) Mengikuti perkembangan teknologi digital. kni telgam juga dilengkapi dengan berbagai pilihan fitur, seperti bisa menangkap siaran berita radio dan televis, perangkat lunak pemutar audio (MP3) dan video, kamera digital, game, dan layanan internet (WAP, GPRS,3G). (5) selain fitur-fitur tersebut, pada telgam sekarang sudah ditanamkan fitur komputer. (6) jadi, ditelgam orang bisa mengubah fungsi telgam tersebut menjadi mini komputer. (7) Di dunia bisnis, fitur ini sangat membantu bagi para pebisnis untk melakukan itu semua pekerjaan dalam waktu yang singkat. (Diadaptasi dari http://www.myartikel.com/artkel-tentang handphone-dan-teknologi-2/) 

Teks 3B 

        (7) Ponsel cerdas (smart phone) adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan dengan pengan penggunaan fungsi yang menyerupai komputer. (8) Bagi beberapa orang ponsel cerdas merupakan ponsel telepon yang bekerja menggunakan seluruh perangkat lunak, sistem operasi yang menyediakan hubungan standar, dan mendasar bagi pengembang aplikasi. (9) Bagi yang lainnya ponsel cerdas hanyalah merupakan sebuah telepon yang menyajikan fitur canggih seperti surel ( surat elektronik ), internet, dan kemampuan membaca buku elektronik (e-book). (10) Kebanyakan alat yang dikategorikan sebagai ponsel cerdas menggunakan sistem operasi yang berbeda. (11) Dalam hal fitur, kebanyakan ponsel cerdas mendukung sepenuhnya fasilitas surel dengan fungsi pengatur personal yang lengkap. (12) Fungsi lainnya dapat menyertakan miniatur papan Qwerty, layar sentuh atau D-pad,kamera,pengaturan daftar nama, penghitung kecepatan, navigasi peranti lunak dan keras, kemampuan membaca dokumen bisnis, pemutar musik, penjelajah fhoto dan melihat klip video, penjelajah internet, atau hanya sekedar akses aman untuk membuka surel perusahaan. (13) Fiitur yang paling sering ditemukan dalam ponsel cerdas adalah kemampuannya menyimpan daftar nama sebanyak mungkin tidak seperti telepon genggam biasa yang mempunyai batasan maksimum penyimpanan daftar nama. 
(Diadaptasi dari https://id.wikipedia.org/wiki/ponsel_cerdas) 

💥 Soal No. 71 

Apa makna kata fitur pada kalimat 4 
  • (A) fasilitas 
  • (B) Alat 
  • (C) Perangkat 
  • (D) Pelengkap 
  • (E) Layanan

Pembahasan: 

Kata fitur lebih tepat dipadankan dengan kata fasilitas pada konteks bahasan teks tersebut. 

💦 Kunci Jawaban : A


💥 Soal No. 72 

Berdasarkan isi teks 3A kepada siapa penulis berpihak? 
  • (A) Produsen telgam 
  • (B) Konsumen 
  • (C) Pengguna 
  • (D) Negara 
  • (E) Masyarakat

Pembahasan : 

Teks 3A berpihak kepada masyarakat karena tidak ada penjelasan, baik tersirat maupun tersurat, bahwa berpihak kepada konsumen. 

💦 Kunci Jawaban : E


💥 Soal No. 73 

Apa perbedaan tujuan penulisan Teks 3A dan Teks 3B? 
  • (A) Teks 3A membuktikan telepon genggam adalah embrio telepon cerdas; Teks 3B memaparkan fungsi telepon cerdas untuk memenuhi kebutuhan pengguna 
  • (B) Teks 3A menguraikan perkembangan fungsi telepon genggam secara umum; Teks 3B membuktikan bahwa telepon cerdas adalah komputer min berjalan 
  • (C) Teks 3A memaparkan telepon genggam sebagai alat bantu pokok pebisnis; Teks 3B memaparkan perkembangan fitur dan fungsi telepon cerdas 
  • (D) Teks 3A memaparkan fungsi telepon genggam sebagai mini komputer; Teks 3B menguraikan telepon cerdas dari sisi fitur dan fungsinya 
  • (E) Teks 3A menjelaskan telepon genggam adalah mini komputer; Teks 3B membuktikan telepon cerdas berkembang sesuai kebutuhan penggunanya

Pembahasan: 

Teks 3A memaparkan fungsi telepon genggam sebagai mini komputer: lihat kalimat (6), sedangakan teks 3B menguraikan telepon cerdas dari sisi fitur dan fungsinya: lihat kalimat (10) sampai dengan kalimat (12). 

💦 Kunci Jawaban : D


💥 Soal No. 74 

Informasi apa yang ada didalam Teks 3B, tetapi TIDAK dimuat dalam Teks 3A? 
  • (A) Videophone 
  • (B) Buku elektronik  
  • (C) Kamera 
  • (D) Mini komputer 
  • (E) Layanan internet

Pembahasan: 

Buku elektronik tidak dibahas di Teks 3A. 

💦 Kunci Jawaban : B


💥 Soal No. 75 

Apa kelemahan isi Teks 3B dibandingan Teks 3A? 
  • (A) Teks 3B tidak merinci fitur ponsel cerdas 
  • (B) Teks 3B tidak memuat fungsi telepon genggam. 
  • (C) Teks 3B tidak menjelaskan sistem operasi yang berbeda 
  • (D) Teks 3B tidak memuat contoh fitur ponsel cerdas 
  • (E) Teks 3B tidak menjelaskan fungsi ponsel cerdas.

Pembahasan: 

Teks 3B tidak menjelaskan sistem operasi yang berbeda sehingga teks tersebut tekesan kurang mendetail. 

💦 Kunci Jawaban : C

Subscribe to receive free email updates: