Soal dan Pembahasan Bahasa Indonesia SBMPTN 2016 (Kode 320)
Bimbel WIN:
Belajar dari bentuk soal yang sudah pernah ditanyakan membuat
persiapan menghadapi ujian yang sebenarnya akan menjadi lebih terarah,
lebih fokus dan lebih efektif.
Bentuk soal yang akan diujikan dari tahun ke tahun pada umumnya
materinya sama. Pada pelajaran yang menitikberatkan pada hafalan soanya bisa
sangat mirip bahkan ada yang persis sama. Sedangkan pada soal hitungan,
rumus dan analisanya pada umunya sama.
Oleh karena itu, kami menyarankan bagiadik-adik calon mahasiswa
baru (camaba) tahun ini, kuasailah minimal 10 tahun terakhir soal ujian yang sudah
pernah keluar.
Pada kesempatan ini, bimbel WIN berbagi soal asli Bahasa Indonesia SBMPTN tahun 2016 kode 320 lengkap dengan pembahasannya yang mudah untuk dimengerti. Di akhir pembahasan, kami juga mengajak adik-adik camaba untuk tetap berlatih pada soal online yang sudah kami siapkan, Ayouk teruslah berlatih...!!! Semoga tahun ini kalian semuanya yang belajar disini bisa lolos di pilihan pertama kalian, Amiiin... 🙏🙏
- BAHASA INDONESIA -
- (A) Makna dan fungsi baju Melayu Riau
- (B) Keindahan baju Melayu Kepulauan Riau
- (C) Baju Melayu sebagai karya seni
- (D) Warna dan model baju Melayu
- (E) Lambang-lambang pada baju Melayu
Pembahasan:
Paragraf tersebut tidak menjelaskan mengenai keindahan baju Melayu Kepulauan Riau, sebagai karya seni, warna dan model baju Melayu, serta lambang baju Melayu.
💦 Kunci Jawaban : A
- (A) 1
- (B) 5
- (C) 6
- (D) 8
- (E) 9
Pembahasan:
Subjek dan predikat tidak boleh dipisahkan dengan tanda baca koma.
💦 Kunci Jawaban : A
- (A) Baju daerah Melayu Riau merupakan salah satu hasil kebudayaan Indonesia
- (B) Pada baju Melayu Kepulauan Riau terdapat lambang-lambang nilai luhur
- (C) Fungsi bagi orang Melayu mengusung nilai-nilai luhur
- (D) Tidak semua lambang-lambang nilai luhur tergambar baju adatnya
- (E) Masyarakat Melayu Riau sangat menjunjung tinggi norma-norma kehidupan.
Pembahasan :
Tidak ada pernyataan di teks mengenai tidak semua lambang-lambang nilai luhur tergambar pada baju adat.
💦 Kunci Jawaban : D
- (A) Nilai-nilai luhur yang berlaku pada masyarakat Melayu
- (B) Peraturan penggunaan pakaian pada orang Melaayu
- (C) Fungsi dan nilai yang ada pada baju adat Melayu
- (D) Corak dan Motif yang ada pada baju adat Melayu
- (E) Lambang-lambang yang terdapat pada baju adat Melayu.
Pembahasan:
Kata itu merujuk pada peraturan prnggunaan pakaian pada orang Melayu. Lihat kalimat (7).
💦 Kunci Jawaban : B
- (A) Penggunaan kata disertainya pada kalimat (5)
- (B) Penggunaan kata sementara pada kalimat (8)
- (C) Penggunaan kata diberlakukan pada kalimat (7)
- (D) Penggunaan kata semuanya pada kalimat (9)
- (E) Penggunaan kata petunjuk pada kalimat (10)
Pembahasan :
Kata hubung antar kalimat sementara itu tidak tepat karena kalimat (8) bukan kalimat pertentangan dari kalimat (7). Kata hubung yang tepat adalah selain itu.
💦 Kunci Jawaban : B
- (A) Pengenalan Kebiasaan Membaca sejak Dini
- (B) Balita dan Kebiasaan Mendengarkan Cerita
- (C) Pembiasaan Anak dalam Mendengarkan cerita
- (D) Peningkatan Kinerja Otak melalui Membaca
- (E) Peran Orang Tua dalam Membacakan Cerita
Pembahasan:
Pada teks tersebut lebih banyak membahas otak yang mengalami peningkatan kinerja karena membaca dan mendengarkan cerita.
💦 Kunci Jawaban : D
- (A) 1 dan 2
- (B) 2 dan 8
- (C) 3 dan 9
- (D) 4 dan 10
- (E) 5 dan 12
Pembahasan:
Kalimat (4) : Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics menemukan perbedaan yang juga terjadi pada aktivitas otak anak. Alasan: Kata menurut membuat subjek tidak jelas, seharusnya dihilangkan. Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics : Subjek Menemukan : Predikat perbedaan yang juga terjadi pada aktivitas otak anak : Objek Kalimat (10) : Pada studi ini menunjukkan bahwa perkembangan daerah ini dimulai pada usia yang sangat muda. Alasan: Kata pada membuat subjek tidak jelas, seharusnya dihilangkan. Studi ini: Subjek Menunjukkan: Predikat bahwa perkembangan daerah ini dimulai pada usia yang sangat muda: Objek
💦 Kunci Jawaban : D
- (A) Paragraf ke-2 memaparkan simpulan penelitian yang dibahas pada paragraf ke-1.
- (B) Paragraf ke-2 mmerinci temuan penelitian yang dipaparkan pada paragraf ke-1.
- (C) paragraf ke-2 memaparkan perbedaan perilaku yang dibahas paada paragraf ke-2
- (D) paragraf ke-1 memaparkan penelitian terhadap balita yang diuraikan pada paragraf ke-2
- (E) Paragraf ke-1 memaparkan hasil penelitian yang diuraikan pada paragraf ke-2
Pembahasan:
Paragraf (2) merupakan rician dari paragraf (1).
💦 Kunci Jawaban : B
- (A) Anak-anak yang belajar membaca pada usia 3-5 tahun akan mempercepat perkembangan otaknya.
- (B) Semakin awal kebiasaan membaca buku diperkenalkan, semakin aktif otak anak bekerja.
- (C) Anak-anak yang mulai belajar membaca sejak balita akan menjadi anak-anak yang otak kirinya lebih aktif.
- (D) Kebiasaan mendengarkan cerita dan membaca sejak usia balita berdampak positif untuk perkembangan otak.
- (E) Kebiasaan membaca dan mendengarkan cerita pada anak
Pembahasan:
Opsi D merupakan simpulan yang tepat karena terdapat inti keseluruhan teks.
💦 Kunci Jawaban : D
- (A) Tujuan membiasakan anak membaca cerita sejak usia dini
- (B) Strategi penerapan hasil penelitian untuk peendidikan anak
- (C) Fakto-faktor yang dapat mendorong anak gemar membaca
- (D) Manfaat kebiasaan membaca dan mendengarkan cerita anak
- (E) Kebiasaan memabca dan mendengarkan cerita pada anak.
Pembahasan:
Gagasan utama yang tepat untuk paragraf selanjutnya adalah pembahasan mengenai faktor pendorong agar anak gemar membaca. Bahasan tersebut menjawab pertanyaan bagaimana.
💦 Kunci Jawaban : C
- (A) fasilitas
- (B) Alat
- (C) Perangkat
- (D) Pelengkap
- (E) Layanan
Pembahasan:
Kata fitur lebih tepat dipadankan dengan kata fasilitas pada konteks bahasan teks tersebut.
💦 Kunci Jawaban : A
- (A) Produsen telgam
- (B) Konsumen
- (C) Pengguna
- (D) Negara
- (E) Masyarakat
Pembahasan :
Teks 3A berpihak kepada masyarakat karena tidak ada penjelasan, baik tersirat maupun tersurat, bahwa berpihak kepada konsumen.
💦 Kunci Jawaban : E
- (A) Teks 3A membuktikan telepon genggam adalah embrio telepon cerdas; Teks 3B memaparkan fungsi telepon cerdas untuk memenuhi kebutuhan pengguna
- (B) Teks 3A menguraikan perkembangan fungsi telepon genggam secara umum; Teks 3B membuktikan bahwa telepon cerdas adalah komputer min berjalan
- (C) Teks 3A memaparkan telepon genggam sebagai alat bantu pokok pebisnis; Teks 3B memaparkan perkembangan fitur dan fungsi telepon cerdas
- (D) Teks 3A memaparkan fungsi telepon genggam sebagai mini komputer; Teks 3B menguraikan telepon cerdas dari sisi fitur dan fungsinya
- (E) Teks 3A menjelaskan telepon genggam adalah mini komputer; Teks 3B membuktikan telepon cerdas berkembang sesuai kebutuhan penggunanya
Pembahasan:
Teks 3A memaparkan fungsi telepon genggam sebagai mini komputer: lihat kalimat (6), sedangakan teks 3B menguraikan telepon cerdas dari sisi fitur dan fungsinya: lihat kalimat (10) sampai dengan kalimat (12).
💦 Kunci Jawaban : D
- (A) Videophone
- (B) Buku elektronik
- (C) Kamera
- (D) Mini komputer
- (E) Layanan internet
Pembahasan:
Buku elektronik tidak dibahas di Teks 3A.
💦 Kunci Jawaban : B
- (A) Teks 3B tidak merinci fitur ponsel cerdas
- (B) Teks 3B tidak memuat fungsi telepon genggam.
- (C) Teks 3B tidak menjelaskan sistem operasi yang berbeda
- (D) Teks 3B tidak memuat contoh fitur ponsel cerdas
- (E) Teks 3B tidak menjelaskan fungsi ponsel cerdas.
Pembahasan:
Teks 3B tidak menjelaskan sistem operasi yang berbeda sehingga teks tersebut tekesan kurang mendetail.