Soal dan Pembahasan Bahasa Indonesia SBMPTN 2013 (Kode 128)
Bimbel WIN:
Belajar dari bentuk soal yang sudah pernah ditanyakan membuat
persiapan menghadapi ujian yang sebenarnya akan menjadi lebih terarah,
lebih fokus dan lebih efektif.
Bentuk soal yang akan diujikan dari tahun ke tahun pada umumnya
materinya sama. Pada pelajaran yang menitikberatkan pada hafalan soanya bisa
sangat mirip bahkan ada yang persis sama. Sedangkan pada soal hitungan,
rumus dan analisanya pada umunya sama.
Oleh karena itu, kami menyarankan bagiadik-adik calon mahasiswa
baru (camaba) tahun ini, kuasailah minimal 10 tahun terakhir soal ujian yang sudah
pernah keluar.
Pada kesempatan ini, bimbel WIN berbagi soal asli Bahasa Indonesia SBMPTN tahun 2013 kode 128 lengkap dengan pembahasannya yang mudah untuk dimengerti. Di akhir pembahasan, kami juga mengajak adik-adik camaba untuk tetap berlatih pada soal online yang sudah kami siapkan, Ayouk teruslah berlatih...!!! Semoga tahun ini kalian semuanya yang belajar disini bisa lolos di pilihan pertama kalian, Amiiin... 🙏🙏
- BAHASA INDONESIA -
- (A) pendidikan dikenal setiap orang
- (B) Pendidikan adalah internalisasi budaya
- (C) Pendidikan buka sarana transfer ilmu
- (D) Pendidikan merupakan sarana pembudayaan
- (E) Pendidikan harus berdimensi kemanusiaan.
Pembahasan:
Gagasan utama paragraf merupakan gagasan inti yang terdapat di dalam sebuah paragraf, biasanya terdapat pada kalimat utama. Opsi B merupakan gagasan utama paragraf tersebut. Mengapa bukan opsi A? Karena opsi A diambil dari kalimat (1) yang hanya kalimat pengantar.
💥 Kunci Jawaban: B
- (A) Mengapa pendidikan karakter merupakan pendidikan budi pekerti ?
- (B) Mengapa kecerdasan emosi penting dalam mempersiapkan masa depan?
- (C) Bagaimana pendidikan karakter yang sistematis dan berkelanjutan?
- (D) Bagaimana pendapat Lickona tentang aspek pendidikan berkarakter?
- (E) Siapa yang mengemukakan sembilan pilar karakter berasal dari nilai luhur universal?
Pembahasan:
Pertanyaan pada opsi D, jawabannya terdapat pada kalimat ketujuh.
💥 Kunci Jawaban: D
- (A) Paragraf pertama memaparkan pendidikan karakter secara umum, sedangkan paragraf kedua memaparkan pendidikan karakter secara khusus.
- (B) Paragraf pertama memaparkan konsep pendidikan berkarakter, sedangkan paragraf kedua memaparkan unsur pendidikan karakter.
- (C) Paragraf pertama memaparkan pendidikan secara umum, sedangkan paragraf kedua memaparkan tujuan pendidikan secara khusus.
- (D) Paragraf pertama memaparkan konsep pendidikan secara umum, sedangkan paragraf kedua memaparkan konsep pendidikan karakter.
- (E) Paragraf pertama memaparkan pendidikan secara umum, sedangkan paragraf kedua memaparkan manfaat pendidikan karakter.
Pembahasan:
Paragraf pertama memaparkan konsep pendidikan secara umum, sedangkan paragraf kedua memaparkan konsep pendidikan karakter. Catatan: konsep adalah rancangan atau pengertian.
💥 Kunci Jawaban: D
- (A) Tidak ada hubungan antara penjelasan kecerdasan emosi (kalimat 9) dengan sembilan pilar karakter (kalimat 10).
- (B) Plus pada pendidikan budi pekerti (kalimat 6) tidak dijelaskan secara rinci pada bagian berikutnya.
- (C) Penjelasan tentang pendidikan sebagai sarana transfer ilmu (kalimat 3) bertentangan dengan konsep pendidikan (kalimat 2).
- (D) Tidak ada hubungan antara ketiga aspek yang dimaksud Lickona (kalimat 7) dengan nilai plus pada pendidikan budi pekerti (kalimat 6)
- (E) Penjelasan tentang kecerdasan emosi (kalimat 8) tidak berkaitan dengan pendidikan karakter (kalimat 7).
Pembahasan:
Karena pertanyaannya adalah kelemahan paragraf ke-1, jawaban yang paling tepat adalah opsi C. Opsi lainnya terdapat pada paragraf ke-2.
- (A) ekuivalen dalam kalimat 1
- (B) devisa dalam kalimat 4
- (C) mekanisasi dalam kalimat 5
- (D) redominasi dalam kalimat 9
- (E) hiperinflasi dalam kalimat 13
Pembahasan:
Bentukan kata yang tidak tepat pada teks tersebut adalah mekanisasi, seharusnya adalah mekanisme.
💥 Kunci Jawaban: C
- (A) surplus cadangan
- (B) penguatan devisa
- (C) kurs rupiah
- (D) cadangan devisa
- (E) redominasi
Pembahasan:
Kata ini merujuk pada redenominasi.
💥 Kunci Jawaban: E
- (A) 1 dan 5
- (B) 3 dan 7
- (C) 8 dan 15
- (D) 11 dan 16
- (E) 13 dan 14
Pembahasan:
Kalimat (5): kesalahan penggunaan kata mekanisasi. Kalimat (7): seharusnya penggunaan tanda baca koma sebelum kata atau dihilangkan dan ditambahkan tanda tanya di akhir kalimat karena merupakan kalimat tanya.Kalimat (8): seharusnya memakan, bukan makan. Kalimat (11): setelah konjungsi antarkalimat namun, ditambahkan tanda baca koma. Kalimat (16): bentuk atau pun seharusnya ditulis ataupun dan sebelum kata yakni, ditambahkan tanda baca koma. Kalimat (13): sebelum konjungsi bahkan, ditambahkan tanda baca koma. Kalimat (14): setelah kata Indonesia, seharusnya ditambahkan tanda baca koma agar jelas subjeknya.
💥 Tidak Ada Jawaban
- (A) Paragraf 1 merupakan penyebab paragraf 2.
- (B) Paragraf 2 menjelaskan paragraf 1.
- (C) Paragraf 3 merupakan pembanding 1.
- (D) Paragraf 2 merupakan akibat paragraf 1.
- (E) Paragraf 3 menjelaskan paragraf paragraf 1.
Pembahasan:
Paragraf kedua merupakan penjelasan dari paragraf pertama. cermati teks dengan baik.
💥 Kunci Jawaban: B
- (A) Jika kinerja perekonomian suatu negara buruk.
- (B) Jika nilai ekspor tidak lebih besar daripada nilai impor.
- (C) Jika ada keperluan mengurangi angka nol pada mata uang.
- (D) Jika nilai mata uang merosot dengan sangat tajam.
- (E) Jika cadangan mata uang asing pemerintah banyak menyusut.
Pembahasan:
Redenominasi dilakukan jika ada keperluan untuk menyederhanakan angka nol. Tidak harus ketika terjadi inflasi besar karena jika memiliki cadangan devisa yang besar, juga bisa melakukan redenominasi. Lihat kalimat terakhir.
💥 Kunci Jawaban: C
- (A) penurunan persentase produktivitas tenaga kerja yang sangat tajam pada tahun 2005 dialami Indonesia dan Singapura.
- (B) Pada tahun 2004 seluruh negara ASEAN mengalami peningkatan produktivitas tenaga kerjanya.
- (C) Produktivias Singapura melebihi angka akumulasi dan produktivitas negara ASEAN lainnya.
- (D) Seluruh negara ASEAN terus menunjukkan peningkatan produktivitas tenaga kerjanya, kecuali Indonesia dan Kamboja.
- (E) Rata-rata produktivitas tenaga kerja Vietnam dalam tiga tahun lebih baik daripada Myanmar.
Pembahasan:
Produktivitas Singapura melebihi akumulasi dari negara ASEAN.
💥 Kunci Jawaban: C
- (A) 1 dan 6
- (B) 2 dan 7
- (C) 3 dan 8
- (D) 4 dan 9
- (E) 5 dan 10
Pembahasan:
Kalimat (3): sebelum kata dengan, tidak perlu tanda koma. Kalimat (6): kesalahan penggunaan kata dimana. Kalimat (8): tidak jelas subjeknya.
💥 Kunci Jawaban: C
- (A) kesenjangan kualitas tenaga kerja yang cukup besar tergambar dari disparitas angka produktivitas tenaga kerja.
- (B) Pendapatan per kapita Brunei Darussalam merupakan yang paling tinggi di antara negara-negara ASEAN.
- (C) ASEAN merupakan satu kawasan yang sangat potensilal untuk menarik modal internasional.
- (D) Terdapat kesenjangan yang besar di ASEAN dalam hal pendapatan per kapita, produktivitas tenaga kerja, dan FDI.
- (E) Peringkat pendapatan di antara negara-negara ASEAN secara praktis tidak berubah sejak pertengahan 1970-an.
Pembahasan: Kesenjengan tersebut dijelaskan pada parafgraf kedua dan dapat dilihat pula pada tabel.
💥 Kunci Jawaban: D
- (A) memiliki gambaran bahwa negara-negara ASEAN cukup potensial untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerjanya
- (B) memilki gambaran bahwa aliran modal internasional sulit masuk ke suatu negara yang produktivitas tenaga kerjanya rendah
- (C) menyimpulkan bahwa Indonesia bukanlah negara potensial untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja dan FDI
- (D) menyadari bahwa terdapat kesenjangan yang besar di antara negara-negara ASEAN sebagai satu kawasan
- (E) menyadari bahwa kesenjangan yang ada di ASEAN dapat diatasi dengan mengoptimalkan potensi yang dimilki kawasan.
Pembahasan:
Tujuan pernulis berhubungan dengan simpulan teks.
💥 Kunci Jawaban: D
- (A) Besarnya potensi ASEAN sebagai suatu kawasan tidak diikuti dengan penjelasan tentang potensi apa saja yang dimilikinya.
- (B) Besarnya disparitas produktivitas tenaga kerja di antara negara-negara ASEAN tidak diikuti oleh contoh fakta yang mendukung.
- (C) Dominasi Singapura menarik FDI karena efisiensi waktu tidak disertai dengan contoh pembadingan dengan negara lain.
- (D) Tingginya pendapatan per kapita Brunei Darussalam tidak disertai dengan pembandingan negara lain.
- (E) Pernyataan tentang besarnya kesenjangan negara-negara ASEAN tidak dijelaskan dalam hal apa kesenjangan tersebut
Pembahasan:
Pada paragraf pertama kalimat pertama disebutkan bahwa ASEAN memilikipotensi besar, tetapi tidak dijelaskan mengenai potensinya.
💥 Kunci Jawaban: A
- (A)
- (B)
- (C)
- (D)
- (E)
Pembahasan:
Skemanya tergantung pada simpulannya. Lihat nomor 27!
💥 Kunci Jawaban: D