Soal dan Pembahasan Bahasa Indonesia SNMPTN 2011 (Kode 127)
Bimbel WIN:
Belajar dari bentuk soal yang sudah pernah ditanyakan membuat
persiapan menghadapi ujian yang sebenarnya akan menjadi lebih terarah,
lebih fokus dan lebih efektif.
Bentuk soal yang akan diujikan dari tahun ke tahun pada umumnya
materinya sama. Pada pelajaran yang menitikberatkan pada hafalan soanya bisa
sangat mirip bahkan ada yang persis sama. Sedangkan pada soal hitungan,
rumus dan analisanya pada umunya sama.
Oleh karena itu, kami menyarankan bagiadik-adik calon mahasiswa
baru (camaba) tahun ini, kuasailah minimal 10 tahun terakhir soal ujian yang sudah
pernah keluar.
Pada kesempatan ini, bimbel WIN berbagi soal asli Bahasa Indonesia SNMPTN tahun 2011 kode 127 lengkap dengan pembahasannya yang mudah untuk dimengerti. Di akhir pembahasan, kami juga mengajak adik-adik camaba untuk tetap berlatih pada soal online yang sudah kami siapkan, Ayouk teruslah berlatih...!!! Semoga tahun ini kalian semuanya yang belajar disini bisa lolos di pilihan pertama kalian, Amiiin... 🙏🙏
- BAHASA INDOENSIA -
- (A) dihubungkan, membentuk, dikenal, ditampilkan, membuat.
- (B) dihubungkan, membentuk, dikenali, digambarkan, mencipta.
- (C) dikaitkan, menghasilkan, dikenal, dimunculkan, membentuk.
- (D) dikaitkan, membuat, dikenali, digambarkan, merubah.
- (E) disertai, membuat, dikenali, ditampilkan, memunculkan.
Opsi D merupakan kata-kata yang tepat untuk melengkapi kata yang rumpang pada paragraf tersebut.
💥 Kunci Jawaban: D
- (A) banyaknya masalah ditempat terpencil.
- (B) penuntasan wajib belajar belum selesai.
- (C) banyaknya masalah pelaksanaan wajib belajar.
- (D) ketidak tuntasan program wajib belajar.
- (E) penyebab ketidak tuntasan wajib belajar.
Kata “itu” mengacu pada penyebab ketidaktuntasan wajib belajar.
💥 Kunci Jawaban: E
- (A) kedua teks tersebut mengungkap kegagalan BOS.
- (B) kedua teks tersebut mengungkap keberhasilan BOS.
- (C) teks 1 mengungkap kegagalan BOS, sedangkan teks 2 mengungkapkan keberhasilan BOS.
- (D) teks 1 mengungkap keberhasilan BOS, sedangkan teks 2 mengungkapkan kegagalan BOS.
- (E) teks 1 mengungkap akibat kegagalan BOS, sedangkan teks 2 mengungkap penyebab keberhasilan BOS.
Pernyataan yang sesuai dari dua paragraf tersebut adalah opsi C. Tips : pahami teks dengan baik.
💥 Kunci Jawaban: C
- (A) pentingnya pembiasaan hidup sederhana, manfaat pembiasaan hidup sederhana, bentuk pembiasaan hidup sederhana, sasaran pembiasaan hidup sederhana, langkah pembiasaan hidup sederhana.
- (B) manfaat pembiasaan hidup sederhana, pentingnya pembiasaan hidup sederhana, sasaran pembiasaan hidup sederhana, langkah pembiasaan hidup sederhana, bentuk pembiasaan hidup sederhana.
- (C) pentingnya pembiasaan hidup sederhana, sasaran pembiasaan hidup sederhana, manfaat pembiasaan hidup sederhana, bentuk pembiasaan hidup sederhana, langkah pembiasaan hidup sederhana.
- (D) sasaran pembiasaan hidup sederhana, manfaat pembiasaan hidup sederhana, pentingnya pembiasaan hidup sederhana, bentuk pembiasaan hidup sederhana, langkah pembiasaan hidup sederhana.
- (E) bentuk pembiasaan hidup sederhana, pentingnya pembiasaan hidup sederhana, langkah pembiasaan hidup sederhana, sasaran pembiasaan hidup sederhana, manfaat pembiasaan hidup sederhana.
Kerangka karangan dengan pola umum-khusus adalah opsi C.
💥 Kunci Jawaban: C
- (A) kalimat penjelas - kalimat utama - kalimat penjelas - kalimat penjelas.
- (B) kalimat penjelas - kalimat penjelas - kalimat penjelas - kalimat utama.
- (C) kalimat utama - kalimat penjelas - kalimat penjelas - kalimat utama.
- (D) kalimat utama - kalimat utama - kalimat penjelas - kalimat penjelas.
- (E) kalimat utama - kalimat penjelas - kalimat penjelas - kalimat penjelas.
Paragraf tersebut dikembangkan dengan pola deduktif. Dengan demikian, opsi E yang paling sesuai.
💥 Kunci Jawaban: E
- (A) Daya kreativitas dan energi lebih yang dimiliki siswa dapat disaiurkan lewat aktivitas positif sebab kegiatan class meeting dapat berfungsi sebagai sarana kuratif untuk mengurangi kenakalan remaja dan dapat membentuk national character building yang mulai lapuk.
- (B) Class meeting memberikan keterampilan dalam merancang dan melaksanakan kegiatan sehingga berfungsi sebagai sarana preventif dan kuratif dalam mengurangi kenakalan remaja, yang pada akhirnya dapat membentuk national character building.
- (C) Class meeting memberikan keterampilan kepada siswa dalam merancang dan melaksanakan pertandingan olahraga yang bermanfaat bagi penyaluran aktivitas positif melalui bimbingan konseling atau sarana keagamaan dalam memberikan terapi pelajar yang nakal.
- (D) Daya kreativitas dan energi lebih para pelajar dapat tersalur melalui aktivitas preventif sehingga kegiatan class meeting dapat memberikan kesadaran bagi pelajar yang terlanjur nakal, khususnya dalam mereduksi frekuensi terjadinya kenakalan pelajar.
- (E) Jika class meeting sudah menjadi tradisi setiap akhir semester yang dilaksanakan oleh semua sekolah, niscaya daya kreativitas dan energi lebih dapat tersalur melalui aktivitas positif untuk mengurangi kenakalan remaja dalam membentuk national character building.
Rangkuman adalah garis besar teks secara berurutan. Rangkuman yang tepat terdapat pada opsi B.
💥 Kunci Jawaban: B
- (A) 1 dan 6
- (B) 2 dan 7
- (C) 3 dan 8
- (D) 4 dan 9
- (E) 5 dan 10
Dalam kalimat tersebut, terdapat kalimat yang tidak efektif, yaitu. kalimat 2: kata “perguruan tinggi” tidak perlu ditulis kapital karena tidak diiringi dengan nama. kalimat 4: kata “atlit” seharusnya “atlet” kalimat 6: tanda titik dua (:) setelah kata “seperti” tidak efektif. Pilih di antara kedua itu. kalimat 7: tanda koma yang mengapit kata “kenakalan” seharusnya dihilangkan.
💥 Kunci Jawaban: B
- (A) "Dengan class meeting siswa akan memiliki
a) rasa percaya diri terhadap kemampuannya sebagai atlit atau petugas pertandingan,b) rasa harga diri, sertac) aprestasi nilai-nilai kesehatan dan sumbangan dari aktivitas fisik terhadap kesehatan dirinya" (Charles, 1995).
- (B) Charles (dalam Rudy Hartono, 2010) menyatakan "Dengan class meeting siswa akan memiliki
a) rasa percaya diri terhadap kemampuannya sebagai atlitatau petugas pertandingan,b) rasa harga diri, sertac) apresiasi nilai-nilai kesehatan dan sumbangan dari aktivitas fisik terhadap kesehatan dirinya".
- (C) Dalam buku Hartono, Charles (1995:410) menyatakan bahwa melalui class meeting siswa akan memiliki
a) rasa percaya diri terhadap kemampuannya sebagai atlit atau petugas pertandingan,b) rasa harga diri, sertac) apresiasi nilai-nilai kesehatan dan sumbangan dari aktivitas fisik terhadap kesehatan dirinya.
- (D) Charles (1995) menyatakan "Dengan class meeting siswa akan memiliki
a) rasa percaya diri terhadap kemampuannya sebagai atlit atau petugas pertandingan.b) rasa harga diri, sertac) apresiasi nilai-nilai kesehatan dan sumbangan dari aktivitas fisik terhadap kesehatan dirinya" (Hartono, 2010).
- (E) Menurut Charles (dalam Hartono, 2010:76), dengan class meeting siswa akan memiliki
a) rasa percaya diri terhadap kemampuannya sebagai atlit atau petugas pertandingan,b) rasa harga diri, sertac) apresiasi nilai-nilai kesehatan dan sumbangan dari aktivitas fisik terhadap kesehatan dirinya.
Opsi E merupakan jawaban yang tepat jika sesorang akan mengutip pendapat Chales tanpa membaca sumber aslinya.
💥 Kunci Jawaban: E
- (A) Nilai filosofis selalu ada dalam setiap motif batik tradisional.
- (B) Motif batik memiliki fungsi dan kegunaan tersendiri bagi pemakainnya.
- (C) Hanya keluara dari keraton yang dapat memakai batik dengan motif tertentu.
- (D) Terdapat empat motif khusus batik untuk keluarga kraton.
- (E) Semua motif batik tradisional hanya diperuntukan bagi keluarga keraton.
Gagasan utama paragraf merupakan inti atau pokok yang ingin disampaikan di dalam paragraf. Dalam paragraf kedua, gagasan utama yang tepat terdapat pada opsi A. Paragraf kedua bersifat deduktif.
💥 Kunci Jawaban: A
- (A) Beberapa motif batik disengaja untuk menunjukan status pemakaiannya.
- (B) Beberapa motif batik disengaja agar menunjukan status si pemakainya,
- (C) Motif-motif batik disengaja menunjukan status pemakainya.
- (D) Beberapa motif batik sengaja untuk menunjukan status pemakainya.
- (E) Pada beberapa motif batik menunjukan status si pemakainya.
Opsi A merupaka suntingan yang tepat, yaitu mengubah kata “sengaja” menjadi “disengaja”.
💥 Kunci Jawaban: A
- (A) Jadi, pada masa dahulu banyak orang membatik hanya untuk mata pencaharian.
- (B) Dengan demikian, setiap motif batik tradsional memiliki fungsi yang berbeda.
- (C) Dengan demikian, membatik adalah warisan budaya yang perlu dilestarikan.
- (D) Oleh sebab itu, batik memiliki motif yang bermacam-macam ragamnya.
- (E) Jadi, batik adalah warisan leluhur yang memiliki nilai filosofis kekuatan magis.
Opsi B menjadi kalimat yang tepat untuk mengakhri paragraf kedua karena menyimpulkan isi paragraf.
💥 Kunci Jawaban: B
- (A) Motif batik bukan sekadar lukisan karena bermakna tersembunyi.
- (B) Setiap motif batik tradisional memiliki filosofi tersendiri yang dianggap sakral.
- (C) Membatik adalah kegiatan menorehkan lukisan pada kain menggunakan canting.
- (D) Motif batik memiliki makna tersembunyi yang bersifat filosofis.
- (E) Empat motif batik hanya diperuntukan bagi keluarga keraton.
Simpulan adalah gagasan yang didapat dari paragraf, baik tersirat maupun tersurat. Simpulan yang tepat untuk paragraf tersebut terdapat pada opsi D.
💥 Kunci Jawaban: D
- (A) Jika jawaban (1), (2) dan (3) benar
- (B) Jika jawaban (1) dan (3) benar
- (C) Jika jawaban (2) dan (4) benar
- (D) Jika jawaban (4) saja yang benar
- (E) Jika semua jawaban benar
Komentar yang tepat ada pada kalimat (1) dan kalimat (3) karena yang paling sesuai dengan isi teks tersebut.
💥 Kunci Jawaban: A
- (A) Jika jawaban (1), (2) dan (3) benar
- (B) Jika jawaban (1) dan (3) benar
- (C) Jika jawaban (2) dan (4) benar
- (D) Jika jawaban (4) saja yang benar
- (E) Jika semua jawaban benar
Komentar yang tepat ada pada kalimat (1) dan kalimat (3) karena yang paling sesuai dengan isi teks tersebut.
💥 Kunci Jawaban: B
- (A) Jika jawaban (1), (2) dan (3) benar
- (B) Jika jawaban (1) dan (3) benar
- (C) Jika jawaban (2) dan (4) benar
- (D) Jika jawaban (4) saja yang benar
- (E) Jika semua jawaban benar
Hanya pernyataan (4) yang salah. Dengan demikian, jawabannya A karena pernyataan (1), (2), dan (3) benar.
💥 Kunci Jawaban: A