Kami siap menghantarkan adik-adik camaba masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Sekolah Kedinasan pilihan mu.

Soal dan Pembahasan Bahasa Indonesia SNMPTN 2011 (Kode 127)



Bimbel WIN: 

Belajar dari bentuk soal yang sudah pernah ditanyakan membuat persiapan menghadapi ujian yang  sebenarnya akan menjadi lebih terarah, lebih fokus dan lebih efektif. 

Bentuk soal yang akan diujikan dari tahun ke tahun pada umumnya materinya sama. Pada pelajaran yang menitikberatkan pada hafalan soanya bisa sangat mirip bahkan ada yang persis sama. Sedangkan pada soal hitungan, rumus  dan analisanya pada umunya sama. 

Oleh karena itu, kami menyarankan bagiadik-adik calon mahasiswa baru (camaba) tahun ini, kuasailah minimal 10 tahun terakhir soal ujian yang sudah pernah keluar.

Pada kesempatan ini, bimbel WIN berbagi soal asli Bahasa Indonesia SNMPTN tahun 2011 kode 127 lengkap dengan pembahasannya yang mudah untuk dimengerti. Di akhir pembahasan, kami juga mengajak adik-adik camaba untuk tetap berlatih pada soal online yang sudah kami siapkan, Ayouk teruslah berlatih...!!! Semoga tahun ini kalian semuanya yang belajar disini bisa lolos di pilihan pertama kalian, Amiiin...  🙏🙏         


- BAHASA INDOENSIA -

                                   

Gunakan PETUNJUK A untuk menjawab soal nomor 1 sampai dengan nomor 12! 

Kemunculan pola-pola lingkaran geometris di ladang pertanian atau crop circle selalu ... dengan kehadiran alien di tempat itu dengan mengendarai UFO. Dugaan tersebut didasarkan keyakinan bahwa manusia tidak mampu ... pola serumit itu dalam waktu singkat dengan hasil yang hampir sempurna. Sesuai namanya, UFO atau unidentified flying object adalah objek terbang yang tidak .... Bentuknya bermacam-macam, ada yang seperti titik cahaya yang diam sejenak dan menghilang tepat, ada yang seperti piring terbang. UFO selalu dikaitkan dengan alien, sang makhluk luar angkasa yang dalam film-film fiksi ilmiah ... sebagai sosok makhluk kecil, berkepala gundul, telinga lebar dan berwarna hijau. la digambarkan memiiiki kekuatan super, termasuk ... dirinya sama persis dengan makhluk bumi. 

💦 Soal No. 1
Urutan kata yang paling tepat untuk melengkapi teks diatas adalah ... 
  • (A) dihubungkan, membentuk, dikenal, ditampilkan, membuat. 
  • (B) dihubungkan, membentuk, dikenali, digambarkan, mencipta. 
  • (C) dikaitkan, menghasilkan, dikenal, dimunculkan, membentuk. 
  • (D) dikaitkan, membuat, dikenali, digambarkan, merubah. 
  • (E) disertai, membuat, dikenali, ditampilkan, memunculkan.

Opsi D merupakan kata-kata yang tepat untuk melengkapi kata yang rumpang pada paragraf tersebut.

💥 Kunci Jawaban: D



Walaupun wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun sudah dicanangkan dalam kurun waktu yang relatif lama, penuntasannya masih belum tercapai. Banyak masalah yang timbul dalam pelaksanaan wajib belajar 9 tahun, terutama di daerah pedesaan dan daerah pegunungan atau terpencil. Penyebab ketidak tuntasan wajib belajar dapat diidentifikasi sesuai dengan kondisi wilayah dan masyarakatnya. Dari sejumlah hasil penelitian ditemukan bahwa penyebabnya adalah 
(1) masyarakat memiliki kondisi ekonomi yang lemah, 
(2) sosial budaya masyarakat yang kurang mendukung, 
(3) kurangnya sarana pendidikan, 
(4) rendahnya kualitas dan dedikasi guru, 
(5) letak geografis yang sulit dijangkau, 
(6) keterbatasan informasi, dan 
(7) persepsi masyarakat yang menganggap kurang pentingnya pendidikan bagi dirinya sendiri. Kenyataan itu diperkuat oleh hasil penelitian pada awal dicanangkannya wajib belajar 6 tahun. 

💦 Soal No. 2
Kata itu yang tercetak miring pada teks diatas merujuk pada ... 
  • (A) banyaknya masalah ditempat terpencil. 
  • (B) penuntasan wajib belajar belum selesai. 
  • (C) banyaknya masalah pelaksanaan wajib belajar. 
  • (D) ketidak tuntasan program wajib belajar. 
  • (E) penyebab ketidak tuntasan wajib belajar.

Kata “itu” mengacu pada penyebab ketidaktuntasan wajib belajar.

💥 Kunci Jawaban: E


Bacalah Teks 1 dan 2 ini untuk menjawab soal nomor 3 dan 4! 
Teks 1 
Sungguhpun sudah ada program yang namanya Bantuan Operasional Sekolah (BOS), masih banyak anak Indonesia yang kesulitan mengakses pendidikan di sekolah dasar dan menengah. Berdasarkan angka resmi yang dikeluarkan pemerintah, angka putus sekolah untuk tingkat SD dan SMP sekitar 768.960 orang yang terdiri atas 527.850 siswa SD dan 241.110 siswa SMP. Belum lagi, masih ada sedikitnya 8,3 juta orang Indonesia yang masih buta huruf. 
Teks 2 
Salah satu penyebab lancarnya penuntasan wajib belajar 9 tahun di Kabupaten Bandung adalah adanya dukungan BOS yang dikucurkan seiak tahun 2005. Memasuki tahun 2009 program BOS mengalami perubahan tujuan, pendekatan, dan orientasi dari yang semula untuk perluasan akses menjadi peningkatan kualitas. Jumlah siswa yang menerima dana BOS di Kabupaten Bandung, tercatat 511.228 siswa. Masing-masing SD Negeri sederajat 379.701 siswa, SD swasta sederajat 9.122 siswa, SMP Negeri sederajat 69.289 siswa, SMP swasta sederajat 53.116 siswa. 

💦 Soal No. 3
Pernyataan yang paling sesuai dengan kedua teks tersebut adalah ... 
  • (A) kedua teks tersebut mengungkap kegagalan BOS. 
  • (B) kedua teks tersebut mengungkap keberhasilan BOS. 
  • (C) teks 1 mengungkap kegagalan BOS, sedangkan teks 2 mengungkapkan keberhasilan BOS. 
  • (D) teks 1 mengungkap keberhasilan BOS, sedangkan teks 2 mengungkapkan kegagalan BOS. 
  • (E) teks 1 mengungkap akibat kegagalan BOS, sedangkan teks 2 mengungkap penyebab keberhasilan BOS.

Pernyataan yang sesuai dari dua paragraf tersebut adalah opsi C. Tips : pahami teks dengan baik.

💥 Kunci Jawaban: C


💦 Soal No. 4
Seseorang akan mengembangkan karangan ilmiah yang bertema pembiasaan hidup sederhana. Berdasarkan tema tersebut, kerangka isi karangan yang paling runtut berdasarkan pola umum-khusus adalah ... 
  • (A) pentingnya pembiasaan hidup sederhana, manfaat pembiasaan hidup sederhana, bentuk pembiasaan hidup sederhana, sasaran pembiasaan hidup sederhana, langkah pembiasaan hidup sederhana. 
  • (B) manfaat pembiasaan hidup sederhana, pentingnya pembiasaan hidup sederhana, sasaran pembiasaan hidup sederhana, langkah pembiasaan hidup sederhana, bentuk pembiasaan hidup sederhana. 
  • (C) pentingnya pembiasaan hidup sederhana, sasaran pembiasaan hidup sederhana, manfaat pembiasaan hidup sederhana, bentuk pembiasaan hidup sederhana, langkah pembiasaan hidup sederhana. 
  • (D) sasaran pembiasaan hidup sederhana, manfaat pembiasaan hidup sederhana, pentingnya pembiasaan hidup sederhana, bentuk pembiasaan hidup sederhana, langkah pembiasaan hidup sederhana. 
  • (E) bentuk pembiasaan hidup sederhana, pentingnya pembiasaan hidup sederhana, langkah pembiasaan hidup sederhana, sasaran pembiasaan hidup sederhana, manfaat pembiasaan hidup sederhana.


Kerangka karangan dengan pola umum-khusus adalah opsi C.

💥 Kunci Jawaban: C


Untuk menjawab pertanyaan nomor 5—7, bacalah teks dari buku Rudy Hartono yang berjudul Class Meeting; Pendidikan Life Skill yang diterbilkan tahun 2010 halaman 76 di bawah ini dengan saksama! 
(1) Class meeting memberikan keterampilan kepada siswa dalam merancang dan melaksanakan sebuah pertandingan olahraga. (2) Tidak semua siswa setelah lulus dapat meneruskan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi. (3) Untuk itu, mereka perlu dibekali materi life skill ntuk menghadapi kerasnya hidup. (4) Dengan class meeting siswa akan memiliki a) rasa percaya diri terhadap kemampuannya sebagai atlit atau petugas pertandingan. b) rasa harga diri, serta c) apresiasi nilai-nilai kesehatan dan sumbangan dari aktivitas fisik terhadap kesehatan dirinya (Charles, 1995:410). (5) Dengan demikian, implementasi pendidikan jasmani meialui class meeting dapat memberikan sarana preventif dan kuratif dalam mengurangi kenakalan remaja. (6) Tindakan kuratif dapat dilakukan dengan cara lain, seperti: melalui bimbingan konseling atau melalui sarana keagamaan dalam memberikan terapi pelajar yang sudah terlanjur nakal. (7) Jika class meeting sudah menjadi tradisi setiap akhir semester yang dilaksanakan oleh semua sekolah, niscaya akan membuahkan hasil, khususnya dalam mereduksi frekuensi terjadinya kenakalan pelajar. (8) Daya kreativitas dan energi lebih yang mereka miliki dapat tersalur melalui berbagai aktivitas positif dalam class meeting. (9) Selain itu, class meeting akan membina sikap sportif, saling menghargai, mengakui kelebihan orang lain, dan sikap positif lain yang sangat diperlukan siswa sebagai penerus masa depan bangsa. (10) Untuk itu, implementasi class meeting akan dapat membentuk national character building yang indikasinya mulai lapuk. 

💦 Soal No. 5
Pola paragraf pertama teks di atas adalah ... 
  • (A) kalimat penjelas - kalimat utama - kalimat penjelas - kalimat penjelas. 
  • (B) kalimat penjelas - kalimat penjelas - kalimat penjelas - kalimat utama. 
  • (C) kalimat utama - kalimat penjelas - kalimat penjelas - kalimat utama. 
  • (D) kalimat utama - kalimat utama - kalimat penjelas - kalimat penjelas. 
  • (E) kalimat utama - kalimat penjelas - kalimat penjelas - kalimat penjelas.

Paragraf tersebut dikembangkan dengan pola deduktif. Dengan demikian, opsi E yang paling sesuai.

💥 Kunci Jawaban: E


💦 Soal No. 6
Rangkuman yang paling tepat teks di atas adalah ... 
  • (A) Daya kreativitas dan energi lebih yang dimiliki siswa dapat disaiurkan lewat aktivitas positif sebab kegiatan class meeting dapat berfungsi sebagai sarana kuratif untuk mengurangi kenakalan remaja dan dapat membentuk national character building yang mulai lapuk. 
  • (B) Class meeting memberikan keterampilan dalam merancang dan melaksanakan kegiatan sehingga berfungsi sebagai sarana preventif dan kuratif dalam mengurangi kenakalan remaja, yang pada akhirnya dapat membentuk national character building
  • (C) Class meeting memberikan keterampilan kepada siswa dalam merancang dan melaksanakan pertandingan olahraga yang bermanfaat bagi penyaluran aktivitas positif melalui bimbingan konseling atau sarana keagamaan dalam memberikan terapi pelajar yang nakal. 
  • (D) Daya kreativitas dan energi lebih para pelajar dapat tersalur melalui aktivitas preventif sehingga kegiatan class meeting dapat memberikan kesadaran bagi pelajar yang terlanjur nakal, khususnya dalam mereduksi frekuensi terjadinya kenakalan pelajar. 
  • (E) Jika class meeting sudah menjadi tradisi setiap akhir semester yang dilaksanakan oleh semua sekolah, niscaya daya kreativitas dan energi lebih dapat tersalur melalui aktivitas positif untuk mengurangi kenakalan remaja dalam membentuk national character building.

Rangkuman adalah garis besar teks secara berurutan. Rangkuman yang tepat terdapat pada opsi B.

💥 Kunci Jawaban: B


💦 Soal No. 7 
Pada kalimat manakah kesalahan penggunaan ejaan (tanda baca, penulisan huruf, dan penulisan kata) ditemukan? 
  • (A) 1 dan 6 
  • (B) 2 dan 7 
  • (C) 3 dan 8 
  • (D) 4 dan 9 
  • (E) 5 dan 10

Dalam kalimat tersebut, terdapat kalimat yang tidak efektif, yaitu. kalimat 2: kata “perguruan tinggi” tidak perlu ditulis kapital karena tidak diiringi dengan nama. kalimat 4: kata “atlit” seharusnya “atlet” kalimat 6: tanda titik dua (:) setelah kata “seperti” tidak efektif. Pilih di antara kedua itu. kalimat 7: tanda koma yang mengapit kata “kenakalan” seharusnya dihilangkan.

💥 Kunci Jawaban: B


💦 Soal No. 8
Jika anda mengutip pendapat Charles dari teks di atas, tanpa membaca sumber aslinya, penulisan kutipan yang paling benar adalah ... 
  • (A) "Dengan class meeting siswa akan memiliki 
a) rasa percaya diri terhadap kemampuannya sebagai atlit atau petugas pertandingan, 
b) rasa harga diri, serta 
c) aprestasi nilai-nilai kesehatan dan sumbangan dari aktivitas fisik terhadap kesehatan dirinya" (Charles, 1995). 
  • (B) Charles (dalam Rudy Hartono, 2010) menyatakan "Dengan class meeting siswa akan memiliki 
a) rasa percaya diri terhadap kemampuannya sebagai atlitatau petugas pertandingan, 
b) rasa harga diri, serta 
c) apresiasi nilai-nilai kesehatan dan sumbangan dari aktivitas fisik terhadap kesehatan dirinya". 
  • (C) Dalam buku Hartono, Charles (1995:410) menyatakan bahwa melalui class meeting siswa akan memiliki 
a) rasa percaya diri terhadap kemampuannya sebagai atlit atau petugas pertandingan, 
b) rasa harga diri, serta 
c) apresiasi nilai-nilai kesehatan dan sumbangan dari aktivitas fisik terhadap kesehatan dirinya. 
  • (D) Charles (1995) menyatakan "Dengan class meeting siswa akan memiliki 
a) rasa percaya diri terhadap kemampuannya sebagai atlit atau petugas pertandingan. 
b) rasa harga diri, serta 
c) apresiasi nilai-nilai kesehatan dan sumbangan dari aktivitas fisik terhadap kesehatan dirinya" (Hartono, 2010). 
  • (E) Menurut Charles (dalam Hartono, 2010:76), dengan class meeting siswa akan memiliki 
a) rasa percaya diri terhadap kemampuannya sebagai atlit atau petugas pertandingan, 
b) rasa harga diri, serta 
c) apresiasi nilai-nilai kesehatan dan sumbangan dari aktivitas fisik terhadap kesehatan dirinya.

Opsi E merupakan jawaban yang tepat jika sesorang akan mengutip pendapat Chales tanpa membaca sumber aslinya.

💥 Kunci Jawaban: E


Untuk menjawab pertanyaan nomor 9-12, bacalah teks berikut dengan cermat! 
    Motif batik bukan sekadar lukisan yang ditorehkan pada kain dengan canting. Motif pada selembar kain batik memiliki makna tersembunyi. Beberapa motif batik sengaja untuk menunjukkan status sipemakainya. Bahkan, sampai saat ini di Yogyakarta dan Surakarta ada sejumlah motif batik tradisional yang hanya boleh dipakai oleh keluarga keraton. 
    Setiap motif batik tradisional memiliki filosofi tersendiri. Bahkan, pada motif tertentu ada yang dianggap sakral dan hanya dapat dipakai pada kesempatan atau peristiwa tertentu. Motif Sida Mukti, misalnya yang secara harfiah berarti "menjadi berkecukupan/ makmur" biasanya hanya digunakan oleh kalangan keluarga keraton. Ada lagi motif Wahyu Tumurun, yang berarti turunnya wahyu. Motif itu digunakan pada upacara jumenengan atau naik tahta raja. Motif Parang yang bernuansa cukup ramai biasanya dipakai untuk menghadiri suatu pesta atau perayaan. Untuk melayat (menghadiri pemakaman), digunakan warna yang lebih lembut, yaitu moit Kawung. Keempat motif batik tersebut hanya diperuntukan bagi keluarga keraton dan tidak boleh digunakan oleh rakyat pada umumnya. 

💦 Soal No. 9 
Gagasan utama paragraf ke-2 teks di atas adalah ... 
  • (A) Nilai filosofis selalu ada dalam setiap motif batik tradisional. 
  • (B) Motif batik memiliki fungsi dan kegunaan tersendiri bagi pemakainnya. 
  • (C) Hanya keluara dari keraton yang dapat memakai batik dengan motif tertentu. 
  • (D) Terdapat empat motif khusus batik untuk keluarga kraton. 
  • (E) Semua motif batik tradisional hanya diperuntukan bagi keluarga keraton.

Gagasan utama paragraf merupakan inti atau pokok yang ingin disampaikan di dalam paragraf. Dalam paragraf kedua, gagasan utama yang tepat terdapat pada opsi A. Paragraf kedua bersifat deduktif.

💥 Kunci Jawaban: A


💦 Soal No. 10
Suntingan yang paling tepat kalimat ke-3 teks di atas adalah ... 
  • (A) Beberapa motif batik disengaja untuk menunjukan status pemakaiannya.
  • (B) Beberapa motif batik disengaja agar menunjukan status si pemakainya, 
  • (C) Motif-motif batik disengaja menunjukan status pemakainya.
  • (D) Beberapa motif batik sengaja untuk menunjukan status pemakainya. 
  • (E) Pada beberapa motif batik menunjukan status si pemakainya.

Opsi A merupaka suntingan yang tepat, yaitu mengubah kata “sengaja” menjadi “disengaja”.

💥 Kunci Jawaban: A


💦 Soal No. 11
Kalimat penutup yang paling tepat untuk paragraf ke-2 teks tersebut adalah ... 
  • (A) Jadi, pada masa dahulu banyak orang membatik hanya untuk mata pencaharian. 
  • (B) Dengan demikian, setiap motif batik tradsional memiliki fungsi yang berbeda. 
  • (C) Dengan demikian, membatik adalah warisan budaya yang perlu dilestarikan. 
  • (D) Oleh sebab itu, batik memiliki motif yang bermacam-macam ragamnya. 
  • (E) Jadi, batik adalah warisan leluhur yang memiliki nilai filosofis kekuatan magis.

Opsi B menjadi kalimat yang tepat untuk mengakhri paragraf kedua karena menyimpulkan isi paragraf.

💥 Kunci Jawaban: B



💦 Soal No. 12
Simpulan yang paling tepat untuk teks di atas adalah ... 
  • (A) Motif batik bukan sekadar lukisan karena bermakna tersembunyi. 
  • (B) Setiap motif batik tradisional memiliki filosofi tersendiri yang dianggap sakral. 
  • (C) Membatik adalah kegiatan menorehkan lukisan pada kain menggunakan canting. 
  • (D) Motif batik memiliki makna tersembunyi yang bersifat filosofis. 
  • (E) Empat motif batik hanya diperuntukan bagi keluarga keraton.

Simpulan adalah gagasan yang didapat dari paragraf, baik tersirat maupun tersurat. Simpulan yang tepat untuk paragraf tersebut terdapat pada opsi D.

💥 Kunci Jawaban: D


Untuk menjawab pertanyaan nomor 13-15, bacalah teks berikut secara cermat! 
(1) Pembangunan perdagangan di Kabupaten BantuI dilaksanakan dengan mengembangkan pemasaran berpola kemitraan dan promosi produk melalui misi dagang yang berlangsung setiap tahun. (2) Pola tersebut mampu mendukung peningkatan pangsa pasar dan secara makro mendukung pembangunan ekonomi di Kabupaten BantuI. (3) Kualitas perdagangan iuar negeri BantuI terlihat dari kemampuannya untuk melakukan ekspor. (4) Dari segi volume, kemampuan untuk mengeskpor selama lima tahun tampak menurun, tetapi jika dilihat dari nilainya justru cenderung meningkat. (5) Ini berarti bahwa harga produk yang dieskpor mengalami kenaikan. (6) Jika dilihat dari besarnya jumlah negara yang dituju maka tampak jumlah negara-negara tujuan dan bermacam-macam bentuk komoditas yang dijual semakin kecil. (7) Di satu sisi, ini dapat bermakna positif, artinya kemampuan ekspor ke masing-masing negara menjadi lebih tinggi dan komoditas yang dijual semakin terspesialisasi. (8) Aspek negatifnya, konsentrasi pada sedikit negara dan sedikit komoditas seperti meletakkan seluruh telur dalam satu keranjang, jika ada kegoncangan dari negara yang dituju atau komoditas yang dipilih; maka sulit untuk melakukan pemulihan. (9) Perekonomian BantuI sampai saat ini masih didominasi kegiatan perdagangan skala kecil dan ekonomi lokal. (10) Suburnya pasar tradisional dapat menjadi indikasi kuatnya peran ekonomi lokal dalam perekonomian Bantul.
Tabel Perkembangan Ekspor Kabupaten Bantul Tahun 2005-2009 

💦 Soal No. 13
Kalimat tidak efektif terdapat pada kalimat bernomor ... 
(1) 6. 
(2) 7. 
(3) 8. 
(4) 9. 
  • (A) Jika jawaban (1), (2) dan (3) benar
  • (B) Jika jawaban (1) dan (3) benar 
  • (C) Jika jawaban (2) dan (4) benar 
  • (D) Jika jawaban (4) saja yang benar 
  • (E) Jika semua jawaban benar

Komentar yang tepat ada pada kalimat (1) dan kalimat (3) karena yang paling sesuai dengan isi teks tersebut.

💥 Kunci Jawaban: A


💦 Soal No. 14
Komentar yang paling tepat dengan isi teks di atas adalah ... 
(1) Kebijakan pemerintahan Kabupaten Bantul melindungi dan melestarikan pasar tradisional untuk perekonomian lokal perlu menjadi contoh untuk kabupaten lain di Indonesia. 
(2) Peningkatan nilai ekspor di Kabupaten BantuI yang tidak bergantung pada banyaknya negara tujuan dan jenis komoditas yang dijual perlu ditiru oleh kabupaten lain. 
(3) Terspesialisasinya komoditas ekspor dan negara tujuan yang telah menaikkan nilai ekspor Kabupaten Bantul tetap harus diantisipasi agar tidak berisiko lebih besar bagi para pedagang. 
(4) Fokus perdagangan yang didominasi kegiatan perdagangan skala kecil dan ekonomi lokal dapat meningkatkan nilai ekspor di Kabupaten BantuI. 
  • (A) Jika jawaban (1), (2) dan (3) benar 
  • (B) Jika jawaban (1) dan (3) benar 
  • (C) Jika jawaban (2) dan (4) benar 
  • (D) Jika jawaban (4) saja yang benar 
  • (E) Jika semua jawaban benar

Komentar yang tepat ada pada kalimat (1) dan kalimat (3) karena yang paling sesuai dengan isi teks tersebut.

💥 Kunci Jawaban: B


💦 Soal No. 15
Pernyataan berikut yang paling sesuai dengan isi tabel di atas adalah ... 
(1) Pada tahun 2005 Kabupaten BantuI memiliki negara tujuan ekspor lebih banyak dibandingkan tahun 2007 sehingga nilai ekspor tahun 2005 menjadi lebih tingggi. 
(2) Tujuan negara ekspor dan macam komoditas ekspor mengalami penurunan pada tahun 2008, tetapi nilai ekspor bertambah dari pada tahun sebelumnya. 
(3) Pada tahun 2009 jumlah volume ekspor lebih rendah dibandingkan tahun 2008, tetapi jumlah nilai, negara tujuan, dan macam komoditas mengalami kenaikan. 
(4) Nilai ekspor pada tahun 2007 turun dibandingkan tahun 2006, tetapi jumlah negara tujuan dan komoditas lebih tinggi. 
  • (A) Jika jawaban (1), (2) dan (3) benar 
  • (B) Jika jawaban (1) dan (3) benar 
  • (C) Jika jawaban (2) dan (4) benar 
  • (D) Jika jawaban (4) saja yang benar 
  • (E) Jika semua jawaban benar

Hanya pernyataan (4) yang salah. Dengan demikian, jawabannya A karena pernyataan (1), (2), dan (3) benar.

💥 Kunci Jawaban: A


Subscribe to receive free email updates: