Soal dan Pembahasan Bahasa Indonesia SBMPTN 2015 (Kode 509)
- (A) (1)
- (B) (2)
- (C) (3)
- (D) (4)
- (E) (6)
Pembahasan:
Kalimat topik adalah kalimat inti yang berisi gagasan dari sebuah paragraf. Karena paragraf tersebut berpola deduktif, opsi A atau kalimat pertama merupakan kalimat topiknya.
💥 Kunci Jawaban: A
- (A) (3)
- (B) (5)
- (C) (7)
- (D) (8)
- (E) (11)
Pembahasan:
Tanda baca koma yang salah terdapat pada kalimat ketiga. Sebelum kata “karena” tidak perlu tanda baca koma. Jika sebuah kalimat majemuk bertingkat yang didahului oleh induk kalimat kemudian anak kalimat, tidak perlu dipisahkan dengan tanda koma. Sebaliknya, jika anak kalimat mendahului induk kalimat, harus dipisahkan dengan tanda baca koma. Catatan: pahami konsep kalimat, terutama kalimat majemuk.
💥 Kunci Jawaban: A
- (A) Apa keuntungan teknologi digital bagi generasi sekarang?
- (B) Mengapa generasi sekarang berbeda dengan generasi sebelumnya?
- (C) Dimanakah generasi sekarang biasa menggunakan teknologi digital?
- (D) Bagaimana penda-at pakar menganai model pembelajaran yang ideal?
- (E) Apa tujuan jangka panjang pembelajaran bagi siswa?
Pembahasan:
Pertanyaaan yang jawabannya tidak ada dalam teks tersebut adalah di manakah generasi sekarang bisa menggunakan teknologi. Catatan: baca teks dengan saksama. Pahami teksnya dengan baik. Biasakan membaca cepat dan efektif.
💥 Kunci Jawaban: C
- (A) generasi acuh tak acuh
- (B) generasi ini
- (C) generasi
- (D) remaja
- (E) siswa
Pembahasan:
Kata “mereka” pada kalimat ke-5 merujuk pada kalimat sebelumnya, yaitu kalimat ke-4: Meminjam bahasa Don Tapscott (2013), generasi ini adalah generasi acuh tak acuh.
💥 Kunci Jawaban: A
- (A) data tidak dipaparkan dengan jelas dan menyeluruh
- (B) hal yang harus dilakukan guru dalam mengajar tidak dikemukakan
- (C) pentingnya pembelajaran seumur hidup tidak dijelaskan
- (D) gaya belajar sequential,sensing dan visual tidak dijabarkan
- (E) manfaat web dalam pembelajaran tidak dijelaskan
Pembahasan:
Kelemahan paragraf kedua adalah tidak dijelaskannnya gaya belajar sequential, sensing, dan visual. Lihat kalimat ketujuh.
💥 Kunci Jawaban: B
- (A) pentingnya usaha pembudidayaan ikan bagi pelaut
- (B) masalah yang dihadapi pelaku usaha ikan budi daya
- (C) rusaknya lingkungan hidup ikan dan organisme laut
- (D) belum maksimalnya produksi bidang perikanan budi daya
- (E) perbandingan perikanan budi daya dan perikanan tangkapan
Pembahasan:
Gagasan utama paragraf merupaka inti dari sebuah paragraf. Biasanya, gagasan utama terdapat pada kalimat utama paragraf. Kalimat utama teks tersebut terdapat di awal (kalimat 10). Dengan demikian, gagasan uatamanya adalah belum maksimalnya produksi bidang perikanan budi daya.
💥 Kunci Jawaban: D
- (A) (5)
- (B) (6)
- (C) (7)
- (D) (8)
- (E) (9)
Pembahasan:
Kata “di mana” pada kalimat (8) tidak tepat penggunaannya karena kalimat tersebut bukan merupakan kalimat tanya. Seharusnya, kata “di mana” diganti dengan kata “tempat”.
💥 Kunci Jawaban: D
- (A) (2)
- (B) (3)
- (C) (4)
- (D) (6)
- (E) (7)
Pembahasan:
Kalimat (7) terdapat tanda baca titik koma (;). Tanda baca tersebut tidak diperlukan karena sudah terdapat konjungsi “sedangkan”.
💥 Kunci Jawaban: E
- (A) Membenahi sumber daya manusia,membenahi manajemen perikanan,dan meningkatkan teknologi pembudidayaan perikanan.
- (B) Menambah jumlah alat tangkap ikan dan memberi subsidi kepada pelaku usaha perikanan agar jumlah produksi meningkat.
- (C) Menambah jumlah penyuluh dibidang perikanan budi daya agar pertumbuhan dalam bidang budi daya ikan makin optimal.
- (D) Memperbaiki kualitas air dikawasan padat penduduk dan dikawasan yang tingkat iitensitas pembangunannya tinggi.
- (E) memerhatikan ambang batas baku mutu air buangan limbah sehingga meningkatkan hasil budi daya ikan.
Pembahasan:
Agar produksi perikanan maksimal, perlu ada pembenahan sumber daya manusia, pembenahan manajemen perikanan, dan penikngkatan teknologi pembudidayaan perikanan.
💥 Kunci Jawaban: A
- (A) (5) dan (6)
- (B) (7) dan (8)
- (C) (9) dan (10)
- (D) (11) dan (12)
- (E) (13) dan (15)
Pembahasan:
Kalimat yang tidak efektif terdapat pada kalimat (7) dan kalimat (8). Kalimat (7) terdapat tanda baca yang salah, lihat pembahasan nomor 68. Kalimat (8) terdapat kesalahan pilihan kata, lihat pembahasan nomor 67.
💥 Kunci Jawaban: B
- (A) Budi daya dan hasil tangkapan ikan belum maksimal karena kurangnya teknologi dan rendahnya mutu sumber daya manusia.
- (B) Usaha dalam bidang perikanan masih sangat potensial karena belum dikelola secara maksimal oleh para nelayan.
- (C) Penyuluh perlu ditambah karena perannya dalam bidang perikanan sangat penting untuk memaksimalkan produksi.
- (D) Campur tangan pemerintah dalam bidang perikanan sangat diperlukan demi meningkatkan produksi dibidang perikanan.
- (E) Industeri dan masyarakat sering membuang limbah tanpa memerhatikan ambang batas baku mutu air buangan.
Pembahasan:
Simpulan merupakan sebuah ide yang diambil dari keseluruhan teks. Opsi A merupakan simpulan yang tepat Catatan: berhubungan dengan soal nomor 69.
💥 Kunci Jawaban: A
- (A) menunjukan kekurangan pemerintah dalam bidang perikanan.
- (B) memngaruhi nelayan agar meningkatkan hasil tangkapan ikannya.
- (C) membuktikan pentingnya teknologi untuk meningkatkan produksi perikanan
- (D) memaparkan keadaan produksi bidang perikanan dan penyebabnya
- (E) mendorong peningkatan usaha budi daya ikan bagi para nelayan
Pembahasan:
Tujuan penulis adalah ingin memaparkan keadaan produksi bidang perikana dan penyebabnya.
💥 Kunci Jawaban: D
- (A) Potensi produksi dan permasalahan perikanan di Indonesia
- (B) Upaya meningkatkan Produksi Sumber Daya Ikan di Indonesia
- (C) Potensi dan Peluang Pengembangan Perikanan di Indonesia
- (D) Strategi Peningkatan Kualitas Produksi Perikanan Indonesia
- (E) Pengaruh Kualitas Sumber Daya terhadap Produksi Perikanan
Pembahasan:
Judul yang tepat untuk teks tersebut adalah Potensi Produksi dan Permasalahan Perikanan di Indonesia. Judul tersebut mencerminkan isi teks yang membahas potensi produksi perikanan beserta permasalahannya.
💥 Kunci Jawaban: A
- (A) Seluruh jenis budi daya ikan mengalami kenaikan yang signifikan dari tahun ke tahun.
- (B) Ada kecenderungan produksi ikan budi daya akan meningkat pada tahun berikutnya
- (C) Produksi perikanan jenis budi daya laut selalu mengalami peningkatan setiap tahun
- (D) Produksi perikanan jenis budi daya karamba lebih kecil dibandingkan dengan jaring apung
- (E) Pada 2006 terjadi penurunan produksi ikan pada budi daya tambak dan karamb
Pembahasan:
Simpulan keseluruhan dari isi tabel terdapat pada opsi B. Opsi A : simpulan keliru. Opsi C : pernyataan bukan simpulan Opsi D : pernyataan bukan simpulan Opsi E : pernyataan bukan simpulan
💥 Kunci Jawaban: B
- (A) Tidak ada hubungan antara isi paragraf pertama dengan paragraf kedua
- (B) Data yang dipaparkan pada tabel tidak mendukung keseluruhan isi teks
- (C) Tabel produksi ikan seharusnya ditempatkan setelah paragraf pertama
- (D) Tidak ada penjelasan pemanfaatan stok ikan dikawasan bagian barat
- (E) Tidak ada penjelasan belum optimalnya produktivitas usaha perikanan
Pembahasan: kelemahan teks tersebut adalah tabel yang diletakkan pada bagian akhir. Seharusnya, tabel tersebut ada setelah paragraf pertama karena paragraf pertama membahas isi tabel tersebut.
💥 Kunci Jawaban: C