Kami siap menghantarkan adik-adik camaba masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Sekolah Kedinasan pilihan mu.

Soal dan Pembahasan Bahasa Indonesia SBMPTN 2015 (Kode 509)

 

Bimbel WIN: 
Belajar dari bentuk soal yang sudah pernah ditanyakan membuat persiapan menghadapi ujian yang  sebenarnya akan menjadi lebih terarah, lebih fokus dan lebih efektif. 

Bentuk soal yang akan diujikan dari tahun ke tahun pada umumnya materinya sama. Pada pelajaran yang menitikberatkan pada hafalan soanya bisa sangat mirip bahkan ada yang persis sama. Sedangkan pada soal hitungan, rumus  dan analisanya pada umunya sama. 

Oleh karena itu, kami menyarankan bagiadik-adik calon mahasiswa baru (camaba) tahun ini, kuasailah minimal 10 tahun terakhir soal ujian yang sudah pernah keluar.

Pada kesempatan ini, bimbel WIN berbagi soal asli Bahasa Indonesia SBMPTN tahun 2015 (Kode 509) lengkap dengan pembahasannya yang mudah untuk dimengerti. Di akhir pembahasan, kami juga mengajak adik-adik camaba untuk tetap berlatih pada soal online yang sudah kami siapkan, Ayouk teruslah berlatih...!!! Semoga tahun ini kalian semuanya yang belajar disini bisa lolos di pilihan pertama kalian, Amiiin...  🙏🙏

- Bahasa Indonesia - 

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 1-5 

           (1)Generasi hari ini berbeda dengan generasi sebelumnya, karena generasi hari ini lahir ditengah kecanggihan teknologi digital sehingga mereka dimanjakan game online dan media sosial. (2) Sejatinya, smart phone mendukung prose belajar-mengajar sehingga proses transfer of knowledge dan pembinaan karakter dan keteramplan berjalan lancar. (3)Namun,kita juga sing menjumpai remaja yang berada dalam sebuah forum tanpa berkomunikasi satu dengan yang lain,karene ask dengan dunianya sendiri. (4)Meminjam bahasa Don Tapscott (2013),generasi ini adalah genersi acuh tak acuh. (5) Minat mereka hanya mengenai budaya populer,para pesohor dan teman-teman mereka. (6)Hal itu menunjukan bahwa teknologi digital membawa sejumlah dampak positif dan negatif. 
     (7)Menurut felder dan soloman (1993). "Pembelajar di zaman informasi ini mempunyai kecenderungan gaya belajar aktif,sequential,sensing,dan visual." (8)Fokus bembelajaran adalah pembelajaran seumur hidup, bukan demi ujian semata. (9)Guru tidak perlu khawatir jika siswa lupa tanggal peristiwa penting dalam sejarah,karena mereka dapat mencarinya melalui buku dan web. (10) Guru perlu mengajari mereka cara belajar yang baik dan mendorong mereka untuk gemar membaca dan menulis. (11)Jadi,yang terpenting bukan hanya tentang apa yang diketahui ketika mereka lulus,melinkan juga untuk mencintai pembelajaran seumur hidup. 

💦 Soal No 01 
Kalimat topik paragraf pertama adalah kalimat... 
  • (A) (1) 
  • (B) (2) 
  • (C) (3) 
  • (D) (4) 
  • (E) (6)

Pembahasan: 

Kalimat topik adalah kalimat inti yang berisi gagasan dari sebuah paragraf. Karena paragraf tersebut berpola deduktif, opsi A atau kalimat pertama merupakan kalimat topiknya. 

💥 Kunci Jawaban: A


💦 Soal No 02
Kesalahan penggunaan tanda baca koma tedapat ada kalimat... 
  • (A) (3) 
  • (B) (5) 
  • (C) (7) 
  • (D) (8) 
  • (E) (11)

Pembahasan: 

 Tanda baca koma yang salah terdapat pada kalimat ketiga. Sebelum kata “karena” tidak perlu tanda baca koma. Jika sebuah kalimat majemuk bertingkat yang didahului oleh induk kalimat kemudian anak kalimat, tidak perlu dipisahkan dengan tanda koma. Sebaliknya, jika anak kalimat mendahului induk kalimat, harus dipisahkan dengan tanda baca koma. Catatan: pahami konsep kalimat, terutama kalimat majemuk. 

💥 Kunci Jawaban: A


💦 Soal No 03 
Pertanyaan manakah yang jawabannya tidak ditemukan dalam teks terebut? 
  • (A) Apa keuntungan teknologi digital bagi generasi sekarang? 
  • (B) Mengapa generasi sekarang berbeda dengan generasi sebelumnya? 
  • (C) Dimanakah generasi sekarang biasa menggunakan teknologi digital? 
  • (D) Bagaimana penda-at pakar menganai model pembelajaran yang ideal? 
  • (E) Apa tujuan jangka panjang pembelajaran bagi siswa?

Pembahasan: 

 Pertanyaaan yang jawabannya tidak ada dalam teks tersebut adalah di manakah generasi sekarang bisa menggunakan teknologi. Catatan: baca teks dengan saksama. Pahami teksnya dengan baik. Biasakan membaca cepat dan efektif. 

💥 Kunci Jawaban: C


💦 Soal No 04 
Kata ganti mereka pada kalimat (5) merujuk kepada... 
  • (A) generasi acuh tak acuh 
  • (B) generasi ini 
  • (C) generasi 
  • (D) remaja 
  • (E) siswa

Pembahasan: 

 Kata “mereka” pada kalimat ke-5 merujuk pada kalimat sebelumnya, yaitu kalimat ke-4: Meminjam bahasa Don Tapscott (2013), generasi ini adalah generasi acuh tak acuh. 

💥 Kunci Jawaban: A


💦 Soal No 05
Kelemahan paragraf kedua teks tersebut adalah... 
  • (A) data tidak dipaparkan dengan jelas dan menyeluruh 
  • (B) hal yang harus dilakukan guru dalam mengajar tidak dikemukakan 
  • (C) pentingnya pembelajaran seumur hidup tidak dijelaskan 
  • (D) gaya belajar sequential,sensing dan visual tidak dijabarkan 
  • (E) manfaat web dalam pembelajaran tidak dijelaskan

Pembahasan: 

 Kelemahan paragraf kedua adalah tidak dijelaskannnya gaya belajar sequential, sensing, dan visual. Lihat kalimat ketujuh. 

💥 Kunci Jawaban: B


Teks berikut untuk soal nomor 6-15 
        (1) Produksi bidang perikanan diIndonesia belum optimal. (2) Sebagai contoh, antara tahun 2003-2007,produksi perikanan tangkap meningkatrata - ratahanya sebesar 1,32%, yakni dari 4.691.769 ton pada tahun 2003 menjadi 4.942.430 ton pada tahun 2007. (3) Peningkatan tertinggi didominasi penangkapan ikan dilaut, yaitu dari 4.383.103 ton pada tahun 2003 menjadi 4.647.730 ton pada tahun 2007. (4) Sebaliknya, produksi perikanan perairan umum menurun dari 3308.693 ton pada 2013 menjadi 294.700 ton pada 2007. 
         (5) ada beberapa hal yang menyebabkan belum optimalnya produksi dibidang perikanan. (6) Produktivitas nelayan masih rendah karena sebagian besar nelayan merupakan nelayan tradisional yang menggunakan teknologi penangkapan tradisional sehingga hasil yang diperoleh rendah. (7) Pemanfaatan stok ikan antarkawasan belum seimbang karena kawasan Selat Malaka, Pantai Utara Jawa, Selat Bali, dan Selatan Sulawesi mengalami over fishing; sedangkan, manfaat stok ikan di kawasan Indonesia bagian timur belum optimal. (8) Ekosistem laut seperti hutan mangrove,terumbu karang dan padang lamun sebagai habitat ikan dan organisme laut bisa berpijah,mencari makan,dan membesarkan diri mengalami kerusakan parah. (9) Akibatnya, produksi bidang perikanan makin berkurang. 
         (10) Disamping itu,produktivitas usaha budi daya juga belum optimal. (11) Pengetahuan petani dan nelayan akan teknologi budi daya masih rendah, misalnya dalam pemilihan induk ikan, pemijahan, penetaan, pembuahan, pemeliharaan larva, pendedran dan pembesaran. (12) Tenaga penyuluh perikanan masih kurang sehingga innovai teknologi sulit ditingkatkan. (13) Berkaitan dengan penggunaan lahan,antara usaha budi daya perikanan dengan kegiatan pembangunan lainnya seperti pemukiman,industri dan pertambangan sering merugikan usaha budi daya perikanan. (14) Kualitas air memburuk, khususnya di kawasan padat penduduk dan dikawasan yang tingkat intensitas pembangunannya tinggi. (15) kegiatan industri,pertanian,dan rumah tangga sering membuang limbah ke alam tanpa memrhatikan ambang batas baku mutu air buangan limbah sehingga mempeburuk kualitas air untuk budi daya ikan.
💦 Soal No 06 
Gagasan utama paragraf terakhir adalah... 
  • (A) pentingnya usaha pembudidayaan ikan bagi pelaut
  • (B) masalah yang dihadapi pelaku usaha ikan budi daya 
  • (C) rusaknya lingkungan hidup ikan dan organisme laut 
  • (D) belum maksimalnya produksi bidang perikanan budi daya 
  • (E) perbandingan perikanan budi daya dan perikanan tangkapan

Pembahasan: 

 Gagasan utama paragraf merupaka inti dari sebuah paragraf. Biasanya, gagasan utama terdapat pada kalimat utama paragraf. Kalimat utama teks tersebut terdapat di awal (kalimat 10). Dengan demikian, gagasan uatamanya adalah belum maksimalnya produksi bidang perikanan budi daya. 

💥 Kunci Jawaban: D


💦 Soal No 07 Diksi yang tidak tepat terdapat pada kalimat... 
  • (A) (5) 
  • (B) (6) 
  • (C) (7) 
  • (D) (8) 
  • (E) (9)

Pembahasan: 

 Kata “di mana” pada kalimat (8) tidak tepat penggunaannya karena kalimat tersebut bukan merupakan kalimat tanya. Seharusnya, kata “di mana” diganti dengan kata “tempat”. 

💥 Kunci Jawaban: D


💦 Soal No 08 
Kesalahan penggunaan tanda baca terdapat pada kalimat... 
  • (A) (2) 
  • (B) (3) 
  • (C) (4)
  • (D) (6) 
  • (E) (7)

Pembahasan: 

 Kalimat (7) terdapat tanda baca titik koma (;). Tanda baca tersebut tidak diperlukan karena sudah terdapat konjungsi “sedangkan”. 

💥 Kunci Jawaban: E


💦 Soal No 09 
Apakah yang diperlukan untuk memaksimalkan produksi dalam bidang perikanan Indonesia? 
  • (A) Membenahi sumber daya manusia,membenahi manajemen perikanan,dan meningkatkan teknologi pembudidayaan perikanan. 
  • (B) Menambah jumlah alat tangkap ikan dan memberi subsidi kepada pelaku usaha perikanan agar jumlah produksi meningkat. 
  • (C) Menambah jumlah penyuluh dibidang perikanan budi daya agar pertumbuhan dalam bidang budi daya ikan makin optimal. 
  • (D) Memperbaiki kualitas air dikawasan padat penduduk dan dikawasan yang tingkat iitensitas pembangunannya tinggi. 
  • (E) memerhatikan ambang batas baku mutu air buangan limbah sehingga meningkatkan hasil budi daya ikan.

Pembahasan: 

 Agar produksi perikanan maksimal, perlu ada pembenahan sumber daya manusia, pembenahan manajemen perikanan, dan penikngkatan teknologi pembudidayaan perikanan. 

💥 Kunci Jawaban: A


💦 Soal No 10
Kalimat yang tidak efektif adalah kalimat... 
  • (A) (5) dan (6) 
  • (B) (7) dan (8) 
  • (C) (9) dan (10) 
  • (D) (11) dan (12)
  • (E) (13) dan (15)

Pembahasan: 

 Kalimat yang tidak efektif terdapat pada kalimat (7) dan kalimat (8). Kalimat (7) terdapat tanda baca yang salah, lihat pembahasan nomor 68. Kalimat (8) terdapat kesalahan pilihan kata, lihat pembahasan nomor 67. 

💥 Kunci Jawaban: B


💦 Soal No 11 
Apa simpulan isi teks di atas? 
  • (A) Budi daya dan hasil tangkapan ikan belum maksimal karena kurangnya teknologi dan rendahnya mutu sumber daya manusia. 
  • (B) Usaha dalam bidang perikanan masih sangat potensial karena belum dikelola secara maksimal oleh para nelayan. 
  • (C) Penyuluh perlu ditambah karena perannya dalam bidang perikanan sangat penting untuk memaksimalkan produksi. 
  • (D) Campur tangan pemerintah dalam bidang perikanan sangat diperlukan demi meningkatkan produksi dibidang perikanan. 
  • (E) Industeri dan masyarakat sering membuang limbah tanpa memerhatikan ambang batas baku mutu air buangan.

Pembahasan: 

 Simpulan merupakan sebuah ide yang diambil dari keseluruhan teks. Opsi A merupakan simpulan yang tepat Catatan: berhubungan dengan soal nomor 69. 

💥 Kunci Jawaban: A


💦 Soal No 12 
Tujuan penulisan teks tersebut adalah... 
  • (A) menunjukan kekurangan pemerintah dalam bidang perikanan. 
  • (B) memngaruhi nelayan agar meningkatkan hasil tangkapan ikannya. 
  • (C) membuktikan pentingnya teknologi untuk meningkatkan produksi perikanan
  • (D) memaparkan keadaan produksi bidang perikanan dan penyebabnya 
  • (E) mendorong peningkatan usaha budi daya ikan bagi para nelayan

Pembahasan: 

 Tujuan penulis adalah ingin memaparkan keadaan produksi bidang perikana dan penyebabnya. 

💥 Kunci Jawaban: D


💦 Soal No 13 
Apa judul yang tepat untuk teks tersebut? 
  • (A) Potensi produksi dan permasalahan perikanan di Indonesia 
  • (B) Upaya meningkatkan Produksi Sumber Daya Ikan di Indonesia 
  • (C) Potensi dan Peluang Pengembangan Perikanan di Indonesia 
  • (D) Strategi Peningkatan Kualitas Produksi Perikanan Indonesia 
  • (E) Pengaruh Kualitas Sumber Daya terhadap Produksi Perikanan

Pembahasan: 

 Judul yang tepat untuk teks tersebut adalah Potensi Produksi dan Permasalahan Perikanan di Indonesia. Judul tersebut mencerminkan isi teks yang membahas potensi produksi perikanan beserta permasalahannya. 

💥 Kunci Jawaban: A


💦 Soal No 14 
Apa simpulan keseluruhan isi tabel dalam teks tersebut? 
  • (A) Seluruh jenis budi daya ikan mengalami kenaikan yang signifikan dari tahun ke tahun.
  • (B) Ada kecenderungan produksi ikan budi daya akan meningkat pada tahun berikutnya 
  • (C) Produksi perikanan jenis budi daya laut selalu mengalami peningkatan setiap tahun 
  • (D) Produksi perikanan jenis budi daya karamba lebih kecil dibandingkan dengan jaring apung 
  • (E) Pada 2006 terjadi penurunan produksi ikan pada budi daya tambak dan karamb

Pembahasan: 

 Simpulan keseluruhan dari isi tabel terdapat pada opsi B. Opsi A : simpulan keliru. Opsi C : pernyataan bukan simpulan Opsi D : pernyataan bukan simpulan Opsi E : pernyataan bukan simpulan

💥 Kunci Jawaban: B


💦 Soal No 15 
Apa kelemahan teks tersebut? 
  • (A) Tidak ada hubungan antara isi paragraf pertama dengan paragraf kedua 
  • (B) Data yang dipaparkan pada tabel tidak mendukung keseluruhan isi teks 
  • (C) Tabel produksi ikan seharusnya ditempatkan setelah paragraf pertama 
  • (D) Tidak ada penjelasan pemanfaatan stok ikan dikawasan bagian barat 
  • (E) Tidak ada penjelasan belum optimalnya produktivitas usaha perikanan

Pembahasan: kelemahan teks tersebut adalah tabel yang diletakkan pada bagian akhir. Seharusnya, tabel tersebut ada setelah paragraf pertama karena paragraf pertama membahas isi tabel tersebut. 

💥 Kunci Jawaban: C


Subscribe to receive free email updates: