Soal dan Pembahasan Bahasa Indonesia SNMPTN 2010 (Kode 326)
Bimbel WIN:
Belajar dari bentuk soal yang sudah pernah ditanyakan membuat
persiapan menghadapi ujian yang sebenarnya akan menjadi lebih terarah,
lebih fokus dan lebih efektif.
Bentuk soal yang akan diujikan dari tahun ke tahun pada umumnya
materinya sama. Pada pelajaran yang menitikberatkan pada hafalan soanya bisa
sangat mirip bahkan ada yang persis sama. Sedangkan pada soal hitungan,
rumus dan analisanya pada umunya sama.
Oleh karena itu, kami menyarankan bagiadik-adik calon mahasiswa
baru (camaba) tahun ini, kuasailah minimal 10 tahun terakhir soal ujian yang sudah
pernah keluar.
Pada kesempatan ini,
bimbel WIN berbagi soal asli Bahasa Indonesia SNMPTN tahun 2010 kode 326 lengkap dengan pembahasannya yang mudah
untuk dimengerti. Di akhir pembahasan, kami juga mengajak adik-adik camaba
untuk tetap berlatih pada soal online yang sudah kami siapkan, Ayouk teruslah
berlatih...!!! Semoga tahun ini kalian semuanya yang belajar disini bisa lolos
di pilihan pertama kalian, Amiiin... 🙏🙏
- BAHASA INDOENSIA -
- (A) Pakar influenza masih belum jelas bagaimana virus H1N1 akan menyebar ketika musim dingin di belahan bumi selatan.
- (B) Keiji Fukuda memutuskan bahwa tidak tepat untuk membuat perubahan apapun dalam fase pandemi saat ini.
- (C) Ketika virus H1N1 tidak beredar secara luas di berbagai belahan dunia, ada transmisi baru di Afrika Barat.
- (D) Komite Darurat Organisasi Kesehatan Dunia belum dapat memastikan berlalunya puncak masa pandemi virus H1N1.
- (E) Dirjen WHO menetapkan bahwa tidak tepat untuk membuat berbagai perubahan pada saat situasi pandemi vi rus H1N1.
Pembahasan :Yang membuat sebuah keputusan adalah Direktur Jenderal, sedangkan Keiji Fukuda hanya akhli influenza WHO.
💥Kunci Jawaban: B
- (A) Delegasi dari beberapa negara pada pertemuan COP 15 di Denmark diikuti oleh tim bayangan yang terdiri atas anak-anak muda.
- (B) Tim bayangan diperlakukan sama dengan delegasi resmi untuk mendapat kesempatan berbicara di podium,
- (C) Forum COP 15 di Denmark memberi kesempatan kepada kaum muda untuk berbuat dan menjadi teladan dalam menghadapi perubahan ikIim dunia.
- (D) Tim bayangan memiliki tugas utama sebagai pengamat dan memiliki kesempatan berbicara yang sama di depan forum.
- (E) Indonesia berencana mengirimkan tim bayangan dalam delegasi pemerintah di dalam forum COP 15 di Denmark.
Pembahasan :Opsi A merupakan pernyataan yang sesuai dengan teks Tips : pahami teks dengan baik
💥Kunci Jawaban: A
- (A) menerima, dipanggil, menikmati, dilakukan, diminta.
- (B) menorehkan, dipanggil, menikmati, dilakukan, dipersiapkan.
- (C) menerima, diutus, mengalami, diisi, disiapkan.
- (D) menorehkan, dipanggil, menikmati, didominasi, dipersiapkan.
- (E) memperoleh, diutus, mengalami, didominasi, disiapkan.
Pembahasan:Opsi D merupakan kata-kata yang tepat untuk melengkapi kata yang rumpang pada paragraf tersebut.
💥Kunci Jawaban: D
- (A) Persediaan darah di PMI saat ini hanya mencukupi untuk kebutuhan dua hari.
- (B) Aksi donor darah dapat berdampak pada peningkatan persediaan darah PMI.
- (C) Untuk meningkatkan persediaan darah, donor darah harus menjadi gaya hidup.
- (D) Saat ini persediaan darah di Palang Merah Indonesia masih jauh dari target WHO.
- (E) Para mahasiswa diharapkan mengganti aksi demonstrasi mereka dengan aksi do nor darah.
Pembahasan: Kalimat tersebut dikembangkan dengan cara deduktif sehingga ide pokoknya terdapat pada awal kalimat. Dengan demikian, opsi C merupaka ide pokok yang tepat.
💥Kunci Jawaban: C
- (A) Museum-museum di Yogyakarta menyimpan unsur-unsur sejarah karena itu menarik perhatian wisatawan.
- (B) Museum-museum di Yogyakarta menyimpan sejarah peradaban suatu bangsa Indonesia sehingga dapat dilihat dan dipelajari.
- (C) Yogyakarta merupakan kota bersejarah yang memiliki jumlah museum terbanyak di Indonesia.
- (D) Yogyakarta merupakan salah satu di antara 88 kota besar di dunia yang bergelar Kota Bersejarah.
- (E) Lima belas persen dari jumlah museum di Indonesia yang berjumlah 272 buah terdapat di Yogyakarta.
Pembahasan: Teks tersebut mebicarakan Yogyakarta sebagai kota bersejarah. Dengan demikian, opsi D merupakan rangkuman yang tepat.
💥Kunci Jawaban: D
- (A) kalimat 1
- (B) kalimat 2
- (C) kalimat 3
- (D) kalimat 4
- (E) kalimat 5
Pembahasan: Paragraf tersebut berpola deduktif sehingga kalimat utamanya ada pada awal paragraf.
💥Kunci Jawaban: A
- (A) persentase kenaikan produksi pisang daerah D paling tinggi.
- (B) persentase kenaikan produksi pisang daerah B paling rendah.
- (C) persentase kenaikan produksi pisang daerah D paling rendah.
- (D) persentase kenaikan produksi pisang daerah C paling tinggi.
- (E) produksi pisang setiap daerah selalu meningkat setiap tahun.
Pembahasan: Opsi A merupakan pernyataan yang sesuai dengan tabel. Tips : pahami tabel dengan baik.
💥Kunci Jawaban: A
- (A) petani cengkeh hendaknya dibina lebih intensif karena jumlah produksi cengkeh paling rendah.
- (B) perlu pembinaan kepada para petani-pala karena jumlah produksi pala semakin merosot.
- (C) perlu peningkatan penyuluhan pertanian bagi petani lada karena jumlah produksi lada merosot.
- (D) perlu pengintensifan kembali program pertanian karena jumlah produksi rempah- rempah terbanyak hanya terjadi pada 2006.
- (E) perlu pembinaan kepada para petani pala karena jumlah produksi pala cenderung menurun.
Pembahasan: Pernyataan yang sesuai ada pada opsi E. Tips : pahami grafik dengan baik.
💥Kunci Jawaban: E
- (A) Di dalam memecahkan masalah kepen¬ dudukan, para pakar kependudukan tidak cukup memberi solution dengan cara memberi saran ke pada Pemerintah, tetapi mereka perlu terjun ke lapangan menangani masalah secara langsung.
- (B) Di dalam memecahkan masalah kepen¬ dudukan. Para pakar kependudukan tidakcukup memberi solution dengan cara memberi saran kepada pemerintah, tetapi mereka perlu terjun ke lapangan menangani masalah secara langsung.
- (C) Didalam memecahkan masalah kepen¬ dudukan, para pakar kependudukan tidak cukup memberi "solution" dengan cara memberi , saran kepada pemerintah, tetapi mereka perlu terjun ke lapangan menangani masalah secara langsung.
- (D) Di dalam memecahkan masalah kepen¬ dudukan, para pakar kependudukan tidak cukup memberi "solution" dengan cara memberi saran kepada Pemerintah, tetapi mereka perlu terjun ke lapangan menangani masalah secara langsung.
- (E) Di dalam memecahkan masalah kepen¬ dudukan, para pakar kependudukan tidak cukup memberi solution dengan cara memberi saran kepada pemerintah tetapi mereka perlu terjun ke lapangan menangani masalah secara langsung.
Pembahasan :Opsi A : kata “pemerintah” tidak perlu ditulis kapital pada huruf awalnya. Opsi C : kata “solution” tidak perlu menggunakan tanda petik, cukup dicetak miring. Opsi D : kata “solution” tidak perlu menggunakan tanda petik, cukup diberi garis bawah. Opsi E : kata “solution” seharusnya dicetak miring karena ungkapan asing.
💥Kunci Jawaban: B
- (A) Menurut Sihadono dalam bukunya yang berjudul Mendidik Anak Cerdas menyatakan bahwa mendidik anak sebenarnya dapat dilakukan sejak dalam kandungan karena anak sudah dapat merespon yang berada di sekitar ibunya (Ahmad. 2008:234).
- (B) Sihadono (2008:234) menyatakan bahwa mendidik anak dapat dilakukan orang tua sejak anak masih dalam kandungan.
- (C) Menurut Ahmad (dalam Sihadono, 2009), mendidik anak dapat dilakukan orang tua sejak anak masih dalam kandungan.
- (D) Dalam bukunya Ahmad. Sihadono (2009) menyatakan bahwa anak yang masih dalam kandungan pada hakikatnya sudah dapat merespon segala sesuatu yang berada di sekitar ibunya.
- (E) S ihadono (dalam Ahmaa. 2008) menyatakan bahwa anak yang masih dalam kandungan pada hakikatnya sudah dapat merespon segala sesuatu yang berada di sekitar ibunya.
Pembahasan: Jika Lilis mengutip pendapat Ahmad yang ada dalam buku Sidahono, penulisan kutipan yang tepat adalah opsi C.
💥Kunci Jawaban: C
- (A) kata presiden dituliskan dengan p kapital.
- (B) kata dari dihilangkan.
- C) setelah Oxford ditambahkan tanda koma.
- D) tanda koma setelah kata Davis dihilangkan.
- E) kata bahwa ditambahkan setelah kata mengatakan.
Pembahasan: Jika tanda koma setelah kata Davis dihingkan, fungsi subjeknya menjadi tidak jelas. Fungsi tanda koma setelah kata Davis adalah sebagai pemisah keterangan tambahan.
💥Kunci Jawaban: D
- (A) kata tekhnologi setelah kata layakkah dihilangkan.
- (B) kata tekhnologi di tulis teknologi.
- (C) kata bikin diganti membuat.
- (D) Ilmu Pengetahuan ditulis ilmu pengetahuan.
- (E) tanda koma diletakkan setelah kata meskipun demikian.
Pembahasan: Jika kata “teknologi” setelah kata “layakkah” dihilangkan, tidak ada subjek.
💥Kunci Jawaban: A
- (A) pentingnya pembinaan generasi muda pedesaan, bentuk pembinaan generasi muda pedesaan, sasaran pembinaan generasi muda pedesaan, langkah pembinaan generasi muda pedesaan.
- (B) sasaran pembinaan generasi muda pedesaan, langkah pembinaan generasi muda pedesaan, bentuk pembinaan generasi muda pedesaan, pentingnya pembinaan generasi muda pedesaan.
- (C) sasaran pembinaan generasi muda pedesaan, pentingnya pembinaan generasi muda pedesaan, langkah pembinaan generasi muda pedesaan, bentuk pembinaan generasi muda pedesaan.
- (D) pentingnya pembinaan generasi muda pedesaan, sasaran pembinaan generasi muda pedesaan, bentuk pembinaan generasi muda pedesaan, langkah pembinaan generasi muda pedesaan.
- (E) bentuk pembinaan generasi muda pedesaan,sasaran pembinaan generasi muda pedesaan, langkah pembinaan generasi muda pedesaan, pentingnya pembinaan generasi muda pedesaan.
Pembahasan: Kerangka karangan yang tepat terdapat pada opsi D
💥Kunci Jawaban: D
- (A) Dengan demikian, kondisi BBLR meng- akibatkan terjadinya penurunan kemampuan belajar anak selanjutnya.
- (B) Di samping itu, kondisi BBLR dapat berakibat pada penurunan kemampuan belajar anak.
- (C) Jadi, kondisi BBLR mengakibatkan penurunan kemampuan belajar.
- (D) Sebab, kondisi BBLR mengakibatkan terjadinya penurunan kemampuan belajar selanjutnya.
- (E) Oleh sebab itu, kondisi BBLR mengakibatkan terjadinya penurunan kemampuan belajar selanjutnya.
Pembahasan: Opsi B merupakan kalimat yang tepat untuk menutup paragraf karena masih berhubungan dengan kalimat sebelumnya.
💥Kunci Jawaban: B
- (A) Rahman P. 2008. Mengentas Anak Putus Sekolah. Jayapura: Bintang. Rohe, S. 2009. Membina Keterampitan Remaja. Jayapura: Gemerlap. Sugentar, A. 2008. Perkembangan Mental Mass Remaja. Am bon: Cemerlang.
- (B) Puspitasari, P. 2007. Berbagai Teknologi Tepat Guna. Medan: Cahaya. Rahman P. 2008. Mengentas Anak Putus Sekolah, Jayapura: Bintang. Rohe, S. 2009. Membina Keterampilan Remaja. Jayapura: Gemerlap.Sugentar, Andy. 2008. Perkembangan Mental Masa Remaja. Am bon; Cemerlang.
- (C) Puspitasari, P. 2007. Berbagai Teknologi Tepat Guna. Medan; Cahaya. Rahman P. 2008. Mengentas Anak Putus Sekolah. Jayapura: Bintang. Rohe, Suaendah. 2009. Membina Keterampilan Remaja. Jayapura: Gemerlap.
- (D) Andy Sugentar. 2008. Perkembangan Mental Masa Remaja. Ambon: Cemerlang. P,Puspitasari. 2007. Berbagai Teknologi Tepat Guna. Medan: Cahaya, Rahman P. 2008. Mengentas Anak Putus Sekolah. Jayapura; Bintang. Suaendah Rohe. 2009. Membina Keterampilan Remaja Jayapura: Gemerlap.
- (E) Rahman R 2008, Mengentas Anak Putus Sekolah Jayapura: Bintang, Rohe, Suaendah. 2009. Membina Keterampilan Remaja. Jayapura: Gemerlap. Sugentar, Andy. 2008. Perkembangan Mental Masa Remaja. Ambon: Cemerlang.
Pembahasan: Berikut cara menulis daftar pustaka: 1. Nama penulis dibalik dan dipisahkan tanda koma, kemudian di akhiri tanda titik. 2. Tahun terbit diakhiri tanda titik. 3. Judul buku (dicetak miring) dan diakhiri tanda titik. 4. Tempat terbit diakhiri tanda titik dua. 5. Nama penerbit diakhiri tanda titik. 6. Jika terdapat lebih dari satu buku, susun secara alfabetis.
💥Kunci Jawaban: B